100 Koperasi Besar Indonesia: Koperasi Dayak Tersenarai di Dalamnya

Apa faktor utama penyebab koperasi hancur lebur? Sekaligus faktor yang menjadikan koperasi tumbuh subur?

Kepercayaan!

Itulah saripati dari buku yang memuat profil senarai 100 koperasi besar di Indonesia ini. Di mana terdapat koperasi di Kalimantan Barat, yang posisi 3 besar ditempati Credit Union (CU) Lantang Tipo, Pancur Kasih dan Keling Kumang.

Di lahan (masyarakat) koperasi tumbuh, di situ pula kepercayaan dan saling menghargai antar-anggotanya, luar biasa. Hal yang mengindikasikan bahwa masyarakatnya tepercaya –bukan terpercaya (terpercaya hanya untuk Tuhan).

Ingin tahu senarai koperasi besar di Kalimantan? Skip yang lain. Pembaca bisa lagsung ke halaman 229 buku ini.

Berikut yang menjadi sajian utama gizi menu buku, yang orang koperasi wajib baca dan punya:

Salah satu ciri kurang menarik dari perkoperasian di Indonesia adalah posisi ekonominya yang hanya menempati kelas pinggiran.

Derasnya bantuan dan fasilitas pemerintah terhadap penumbuhan koperasi melahirkan bangun usaha koperasi yang lemah inisiatif, lantaran hanya menunggu bantuan atau kredit murah dari pemerintah. Ironisnya, dari total koperasi Indonesia sebanyak 209.483 per Desember 2014, sebanyak 62.234 koperasi ditengarai tidak aktif alias tinggal papan nama.

Begitu burukkah citra negatif disandang koperasi? Untuk menjawab tudingan miring tersebut kami menyusuri sejumlah koperasi di berbagai pelosok tanah air yang mampu tumbuh sesuai jati dirinya. Hasilnya, cukup banyak koperasi yang tumbuh besar dengan manajemen p penerapan teknologi informasi yang andal.

Ranking 100 Koperasi Besar Indonesia ini ditulis dengan mengacu pada parameter pertumbuhan aset, volume usaha dan jumlah anggota. Kriteria penilaian lainnya adalah pelayanan terhadap anggota, peduli lingkungan, penerapanteknologi informasi dan audit eksternal laporan keuangan.

100 Koperasi Besar Indonesia dalam buku ini menjawab keraguan banyak pihak tentang ketidakberdayaan koperasi. Kegigihan, integritas dan manajemen modern yang diterapkan pengelola jadi kata kunci keberhasilan mereka dalam mempertahankan eksistensinya.

Buku ini menginspirasi semua pihak.

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply