Vade Mecum

Vade mecum adalah frasa Latin yang secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai “pergi bersamaku.”

Secara umum, Vade mecum digunakan untuk merujuk pada sebuah buku atau panduan yang dianggap sebagai penolong atau teman setia, yang selalu dihadirkan atau dibawa bersama.

Baca Casus

Makna semantik “Vade mecum” terkait erat dengan konsep sesuatu yang selalu ada atau digunakan sebagai panduan praktis atau referensi, biasanya dalam konteks profesional atau kegiatan tertentu. Frasa ini mencerminkan ide bahwa objek atau informasi tersebut selalu siap sedia untuk mendukung atau membimbing seseorang dalam kegiatan sehari-hari.

Penerapan “Vade mecum” dalam kalimat
1. Dokumen ini dapat dianggap sebagai “vade mecum” untuk semua pegawai baru, memberikan panduan lengkap mengenai kebijakan perusahaan.
2. Dalam dunia kuliner, buku resep ibu saya adalah “vade mecum” saya; saya selalu membawanya ke dapur sebagai sumber inspirasi.
3. Sebagai seorang dokter, buku merah ini adalah “vade mecum” saya yang selalu saya bawa untuk referensi cepat mengenai gejala dan pengobatan penyakit umum.

Dalam ranah penerbitan dan publikasi, istilah “Vade mecum” seringkali diterapkan untuk merujuk pada buku-buku panduan, modul, atau how-to book yang dirancang untuk memberikan bimbingan praktis dalam suatu bidang atau profesi tertentu. Sebagai contoh konkrit, Parakitri T. Simbolon memberikan kontribusi yang berarti dengan menerbitkan bukunya yang berjudul Vadmekum Wartawan.

Buku ini, sebagaimana diilustrasikan oleh Parakitri, dapat dianggap sebagai teman setia atau panduan yang tak tergantikan bagi para wartawan.

Dengan menggunakan istilah “Vade mecum,” Simbolon memberikan konotasi bahwa bukunya tidak hanya sekadar referensi, tetapi juga merupakan alat yang harus selalu dibawa dan digunakan oleh wartawan dalam menjalankan tugas mereka.

Baca Dulce et Utile

Dalam konteks ini, Vademekum (k – sesuai bunyi ujaran) Wartawan adalah buku petunjuk praktis, etika jurnalistik, strategi wawancara, dan informasi terkini seputar dunia jurnalistik. Sebagai panduan yang selalu siap dijangkau, buku ini dapat membantu wartawan, baik yang berpengalaman maupun yang baru memulai karir, untuk menghadapi berbagai situasi dan tuntutan dalam dunia pers.

Penerapan Vade mecum pada buku panduan wartawan ini menekankan esensialitas, keterjangkauan, dan kehandalan informasi yang terdapat di dalamnya.

Dengan demikian, buku tersebut menjadi sumber pengetahuan yang tak tergantikan bagi siapa pun yang berkecimpung dalam dunia jurnalistik.

Dalam setiap konteks, “Vade mecum” digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang dianggap esensial, praktis, dan selalu ada untuk memberikan bimbingan atau dukungan. *)

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply