Bantuan Pemerintah : Kewajiban Negara atau Belas-kasihan?

Buku ini penting dibaca dan dipelajari. Mengapa? Sebab memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana program-program bantuan pemerintah diterima dan dipahami oleh masyarakat, terutama di tingkat lokal.

Melalui pendekatan studi kasus yang dilakukan di Kelurahan Mungku Baru, Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka Raya, pembaca diperkenalkan pada realitas konkret yang menjadi landasan bagi analisis lebih mendalam.

Pertama-tama, buku ini memperjelas bahwa kesuksesan atau kegagalan sebuah program tidak hanya ditentukan oleh kebijakan dan strategi yang dirumuskan oleh pemerintah, tetapi juga oleh bagaimana program tersebut diterima dan dipersepsikan oleh masyarakat yang menjadi sasaran program.

Dalam hal ini, penulis memberikan perhatian khusus terhadap dinamika sosial, budaya, dan ekonomi lokal yang dapat memengaruhi persepsi dan partisipasi masyarakat dalam program bantuan.

Novelty buku ini

Hal yang menjadi novelty-nya adalah bahwa buku ini menggali faktor-faktor internal dan eksternal yang turut berperan dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap program bantuan pemerintah. Dari budaya lokal hingga kondisi lingkungan fisik, semua faktor ini diuraikan dengan teliti untuk memahami bagaimana interaksi antara faktor-faktor tersebut mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu program.

Baca The Dayaks Are From Nowhere Else But Borneo According to Prehistoric Research, Carbon Dating, Inscriptions, and Artifacts

Selain itu, buku ini memberikan ruang untuk refleksi tentang pentingnya pembangunan berkelanjutan yang tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi, tetapi juga aspek sosial dan budaya. Dengan mempertimbangkan keberlanjutan program pemberdayaan masyarakat dalam jangka panjang, pembaca dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan kritis tentang bagaimana membangun kapasitas lokal dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan.

Pustaka berharga ini bukan hanya menjadi bahan bacaan yang informatif tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi para pembuat kebijakan, praktisi pembangunan, dan akademisi dalam merancang dan melaksanakan program-program pemberdayaan masyarakat yang lebih efektif dan berkelanjutan di masa depan.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika persepsi masyarakat, diharapkan langkah-langkah pembangunan dapat lebih tepat sasaran dan memberikan dampak yang positif bagi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Diterbitkan oleh Lembaga Literasi Dayak

Buku yang diangkat dari penelitian disertasi Dr. Sunaryo ini terbit tahun 2022, diterbitkan oleh Lembaga Literasi Dayak (LLD) di Jakarta.

Dengan demikian, buku ini tidak hanya merupakan hasil dari upaya akademis yang mendalam tetapi juga mencerminkan komitmen LLD dalam mendukung penelitian dan publikasi yang berkaitan dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Dayak, terutama di Kalimantan Tengah.

Melalui keterlibatan LLD dalam penerbitan buku ini, diharapkan informasi dan wawasan yang terkandung di dalamnya dapat diakses dan dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat, terutama mereka yang berada di lingkungan akademis, pemerintahan, dan LSM yang terlibat dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia.

Baca TT Suan: Bukan hanya Saksi, Ia Bagian Sejarah Literasi Dayak Itu Sendiri

Selain itu, keterlibatan LLD sebagai penerbit juga menggarisbawahi pentingnya mendukung penelitian dan publikasi yang berfokus pada kepentingan dan kebutuhan masyarakat lokal, serta mendukung pengembangan khasanah literasi dan pengetahuan di Indonesia.

Dengan menerbitkan buku seperti ini, LLD turut berkontribusi dalam memperkuat kapasitas lokal untuk menghasilkan pengetahuan yang relevan dan bermanfaat bagi pembangunan sosial dan ekonomi di tingkat lokal.

Dengan demikian, buku ini tidak hanya menjadi sebuah kontribusi akademis yang bernilai tetapi juga merupakan sebuah langkah konkret dalam mendukung upaya pemberdayaan masyarakat lokal dan pengembangan literasi di Indonesia.*)

Share your love
Avatar photo
Biblio Pedia
Articles: 225

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply