3 Tipe Manusia menurut M. Nuh

Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Ir. M. Nuh. DEA (2009) menyebutkan adanya tiga tipe manusia.
Baca artikel terkait https://bibliopedia.id/time-is-money-benjamin-franklin/?v=b718adec73e0

Tipe pertama, orang yang tidur (tidak berbuat apa pun) sementara waktu berjalan terus. Orang ini disebutnya berada pada garis nol. Ke garis negatif juga tidak, sementara ke garis positif juga bukan. Orang tipe pertama ini do nothing, namun tidak merusak.

Maanusia yang melakukan sesuatu yang positif adalah manusia tipe ke-3. Orang ini melakukan sesuatu demi kemasalahan umat manusia. Ia berada dalam garis positif.Apa yang dilakukannya mulia.

Tipe kedua, orang yang melakukan sesuatu (hal yang negatif). Yang bersangkutan memang aktif, namun apa yang dilakukannya negatif dan menghancurkan orang lain.

Peradaban umat manusia diporakporandakan, martabat direndahkan, dan kemaslahatan umat manusia dinafikan. Ia berada pada garis negatif. Orang ini melakukan sesuatu, namun merusak.

Tipe ketiga, orang yang melakukan sesuatu yang positif. Orang ini melakukan sesuatu demi kemasalahan umat manusia. Ia berada dalam garis positif.Apa yang dilakukannya mulia.

Karena itu, ia sendiri orang yang mulia. Orang seperti ini sudah “selesai” dengan masalah egonya sendiri. Ia cenderung memikirkan orang lain melebihi dirinya sendiri.

Anda manusia tipe yang mana?

Sudah tentu bahwa tipe manusia ke-3 itu yang ideal. *)
sumber gambar: https://www.its.ac.id/tbiomedik/id/nuh/

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply