Batavia, Kapal VOC

Ini adalah miniatur Kapal Batavia yang tersimpan di dalam Gouverneurs Kantoor, Kota Tua, Jarta.

Seperti diketahui bahwa Batavia  adalah sebuah kapal dari Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC). Kapal ini dibangun di Amsterdam pada tahun 1628 sebagai kapal utama dari salah satu dari tiga armada tahunan kapal-kapal perusahaan dan berlayar pada tahun tersebut dalam pelayaran perdananya menuju Batavia, ibu kota Hindia Timur Belanda.

Coen juga sangat serius dalam membangun Batavia. Ia mempersiapkan berbagai macam pejabat kota. Tujuannya adalah agar kehidupan di Batavia bisa teratur. Terlebih lagi, Coen ingin kehidupan di Batavia benar-benar mencerminkan gaya hidup Belanda dengan moral yang terjaga.

Ia juga menekankan Batavia sebagai proyek serius Kompeni. Coen memproyeksikan bahwa kehadiran Batavia akan menciptakan sebuah Perusahaan yang kuat. Sebagai bentuk keseriusan, Coen kemudian memperkenalkan simbol kota Batavia pada tanggal 15 Agustus 1620. Simbol tersebut kemudian ditambahi dengan motto khas Coen: Dispereert Niet.

Selain alat-alat pemerintahan kota, pengadilan kota, dan lainnya seperti yang diuraikan di atas, Batavia juga memiliki simbol dan stempel kota sendiri. Bentuk lambang tersebut ditetapkan oleh pemerintah pusat pada tanggal 15 Agustus 1620 dalam bentuk lukisan pedang pada sebuah perisai, dan pedang tersebut dikelilingi oleh sekelompok bunga dengan warna cokelat dan hijau.

Pada waktu kemudian di belakang perisai ada seekor singa (sebagai simbol negara berdaulat) duduk di kakinya sambil memegang perisai. Mengenai stempel yang digunakan oleh Collele van Schepenen (Dewan Kota), selain melukiskan gambar simbol di atas, ada juga tulisan di pinggirnya dalam bahasa Latin yang berbunyi Sigillum Urbis Bataviae yang berarti stempel kota Batavia, seperti yang tertulis dalam buku Sendjarah Pemerinta Kota Djakarta (1958).

Share your love
Avatar photo
Biblio Pedia
Articles: 211

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply