Buku yang Ter- | Terbesar dari sisi Income (1)

Tiap penulis, sebagaimana seniman, punya karya yang dianggap Ter-. Manakah dari 138 buku saya yang terkategori sebagai serba? Atau superlatif di bidang masing-masing?

TIAP atlet, senantiasa punya idola sesama atlet juga pada cabangnya. Ada pertandingan tertentu yang berkesan, yang tetap dikenang sepanjang hayat dikandung badan.

Pengarang dan penulis juga demikian. Di antara puluhan, bahkan ratusan karyanya, tentu ada yang Ter-. Kategori Ter- ini, ada banyak, misalnya: Termewah (luks) dari sisi tampilan fisik, paling laris, paling disukai, hingga yang paling tebal di antara buku yang telah ditulis dan dipublikasikannya.

Penggila buku, atau buku-mania, sudah ada legendanya sejak lama. Jika tidak, tidak akan muncul istilah “bibliofili”, yang pastinya kemunculan terminologi ini ditengarai bersamaan waktunya dengan filateli, pecinta dan kolektor perangko.

Dari kata Yunani “biblos” yang berarti: buku dan “filos” yang berarti: cinta; bibliofili merujuk kepada seseorang yang haus buku, seorang pemburu buku langsa nan bersejarah, sekaligus pembaca yang ulung.

Ia juga memiliki perpustakaan pribadi dan keluarga. Ditandainya pula, mana buku yang tidak boleh dipinjamkan dan hanya dapat dibaca di tempat, dan mana yang boleh.

Pendeknya, bibliofili merujuk ke seorang gila-buku, yang mungkin bantalnya untuk tidur dengan tumpukan buku.

Kita akan menelsiik, buku mana saja dari  ratusan karyasaya –sejak menulis dan menerbitkan buku pada 1987– yang Ter- dalam artti superlativus?

Superlatif bisa dilihat dari berbagai perspektif -seperti halnya MURI biasa memberi penghargaan.

Maka ada banyak sekali buku karya saya yang Ter- mulai dari yang terlaris, terlama disiapkan, tertebal, tertipis, terbesar dalam memberikan angka cuan, dan sebagainya.

Kita mulai dari buku ini. Yang memberi kepada penulisnya cuan Ter-besar sepanjang karier sebagai penulis-pengarang.

Berapa total nilainya? Sebut gak ya di sini? Tidak perlu angka, ya. Metafora saja.

Income dari jasa menulis buku ini: setara saya dahulu bekerja 3 tahun.

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 729

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply