CU Keling Kumang: Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat yang Kian Menggurita

Literasi di kalangan sukubangsa Dayak kian membudaya. Telah jadi habitus. Kini asalkan memperingati sewindu, satudasawarsa, pesta perak, lima windu, pesta emas, atau peringatan ulang tahun suatu lembaga yang dikelola dan dimiliki Dayak; buku terbit.

Ini salah satu contohnya!

Credit Union (CU) Keling Kumang, menurut Majalah Peluang dan Info Pasar (September 2012), berada pada urutan delapan dari 100 koperasi terbesar di Indonesia dilihat dari total aset dan jumlah anggota. Sementara menurut Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga pada saat peresmian Hotel Laja yang merupakan salah satu unit usaha dari CU Keling Kumang di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Keling Kumang adalah contoh koperasi berkualitas. Total asetnya sejak tahun 1993 Rp1,9T dengan jumlah kantor pelayanan (kantor cabang) 67, jumlah anggota sebanyak 210. 654, dan jumlah aktivis 651 orang.

Sejak, 2014 Keling Kumang telah memekarkan diri ke beberapa koperasi, perusahaan dan juga yayasan menjadi entitas di bawah Gerakan Credit Union Keling Kumang. Kini di Kalbar, sektor ekonomi kerakyatan “mengepung kota”.

Menjadi sebuah grup usaha sebesar dan seperti saat ini, tentu bukan jatuh dari langit. Menurut Musa, dalam perjalanannya “menjadi”, empat M bersaudara (Musa, Munal, Mikael, dan Masiun) penuh perjuangan sekaligus tantangan.

Diawali pertemuan di sebuah rumah kontrakan “Gang Selat Lombok II” di Siantan, Pontianak, 1 Oktober 1992, Munaldus dan Masiun mempersiapkan pendirian Credit Union di Tapang Sambas, yang kemudian dikenal dengan nama Credit Union Keling Kumang, pada tanggal 25 Maret 1993.

Pada awal-awal berdirinya, CU yang berkantor pusat dan berkantor sentral di wilayah Ibanik ini mengalami pasang surut dan jatuh bangun.

Akan tetapi, pertumbuhan signifikan terjadi pada periode 2006 – 2016, ketika suasana kondusif di mana para pengurus dan penggiat dalam spirit dan nilai-nilai Keling Kumang bahu membahu membesarkan dan mengibarkan panji-panji Kerajaan Buah Main.

Sejak, 2014 Keling Kumang telah memekarkan diri ke beberapa koperasi, perusahaan dan juga yayasan menjadi entitas di bawah Gerakan Credit Union Keling Kumang yakni: CU Keling Kumang, Koperasi Produksi K77. Koperasi Konsumsi K52, Koperasi Jasa Laja Hotel, PT. Betang Agro, CV. Gemilang Auto, Yayasan Pendidikan (sekolah menengah kejuruan dan Institut Teknologi Keling Kumang) serta yayasan konservasi.

Buku dengan gaya bertutur ringan, namun inspiratif sekaligus motivatif yang ditulis layaknya novel ini, merajut semua peristiwa tercecer yang hampir dikusamkan waktu.

Dalam rangka 30 tahun CU Keling Kumang, 25 Maret 2023, kisah perjuangan, sekaligus pergulatan, empat saudara, para pelaku, perintis, dan pendekar ekonomi kerayatan itu menarik diabadikan.

Semua tali-temali peristiwa, yang dirangkai itu, menjadi Nuntia vetustatis (pesan dari masa silam) tak ada duanya, yang hikmahnya dapat dipetik oleh siapa pun.

ISBN:978-602-6381-40-8
Keling Kumang
Member.TBt-Entrepreneur

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply