Dayak Bidayuh| Sebuah Monograf

Pada pronaos (depan pintu gerbang) Kuil Apollo di Delphi, Yunani dahulu kala tertulis “gnōthi seauton” yang artinya: kenalilah dirimu!

Banyak pemikir tingkat dewa telah menggunakan istilah itu, dalam pelbagai konteks. Mulai dari Aeschylus, Socrates, Plato, hingga Sarah Ida Shaw dan Elanor Dorcas Pond (1904).

Mengenal diri sendiri adalah mengenal asal usul, terutama menyangkut silsilah, klan, etnik, bahasa, dan budaya. Karena itu, seseorang yang tidak mengenal asal usul, terutama menyangkut silsilah, klan, etnik, bahasa, dan budaya menjadi luntur kualitas etnisitasnya.

Dayak Bidayuh, yang juga dikenal sebagai Land Dayak, adalah salah satu subsuku bangsa Dayak yang cukup banyak populasinya.

Ditengarai  populasi Bidayuh tidak kurang dari 600.000 jiwa. Di Malayisa, terbanyak bermukim di Samarahan, Serian, dan Kuching dengan populasi sekitar 200.000.

Sementara di Indonsia, terkonsentrasi di kabupaten Sanggau, Bengkayang, dan sebagiannya menyebar di wilayah Sekadau, Ketapang dan Sambas.

Bidayuh berasal dari bahasa Bidayuh juga yang dibentuk dari kata “bi” (obi) yang berarti: manusia, orang, suku bangsa dan “doih” atau “dayuh” yang berarti: daratan. Sehingga jika digabungkan maka Bidayuh secara etimologi berarti: Manusia yang bermukim di daratan/ hulu sungai sebagai lawan dari pesisir.

Ditengarai  populasi Bidayuh tidak kurang dari 600.000 jiwa.


Buku yang dikonversikan dari hasil penelitian penulis ini, menggambarkan Dayak Bidayuh dahulu, kini, dan masa depan. Dari citra manusia primitif, dengan matapencaharian tidak tetap dan berladang, menjadi manusia modern setara dengan suku bangsa-suku bangsa lain di dunia.

Miss World Malaysia 2014 Dewi Liana Seriestha misalnya, adalah Dayak Bidayuh. Kiprah serta pengaruh mereka dalam berbagai bidang kehidupan, menjadikan Dayak Bidayuh menghapus stigma lama: dari keterbelakangan menjadi manusia modern yang sanggup bersaing di segala bidang.

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply