3 Fase Menulis: Dari Dibayar per Tulisan hingga Write-preneurship

Memenuhi janji, kini tibalah pada penulis buku ini yang paling senior, Masri Sareb Putra.

Sejak awal kuliah pada semester pertama di Malang, Masri telah menunjukkan tekad menulis. Puncak dari pencapaiannya terjadi ketika artikelnya yang berjudul “Tindakan Preventif untuk Mengurangi Penurunan Mangkok Budaya Merah” diterbitkan dalamkoran nomor wahid di Indonesia Kompas Minggu pada tanggal 11 Maret 1984.

Artikel ini menjadi tonggak penting dalam kariernya sebagai penulis.

Seiring berjalannya waktu, Masri semakin produktif dalam dunia penulisan. Hingga tahun 2005, ia telah berhasil menulis dan menerbitkan tidak kurang dari 4000 artikel yang dimuat di berbagai media terkemuka, baik tingkat nasional maupun regional. Karyanya selalu dinantikan oleh pembaca setia, dan ia menjadi salah satu kontributor terkemuka dalam dunia jurnalistik.

Namun, pada tahun 2005, Masri membuat keputusan berani dengan menghentikan penulisan artikel dan memutuskan untuk berfokus pada penulisan buku. Keputusan ini membawanya ke tingkat yang lebih tinggi dalam dunia literasi. Kini, karya Masri telah menghasilkan tidak kurang dari 138 buku yang beragam topiknya. Dengan begitu banyak buku yang telah ia tulis dan terbitkan, Masri  telah menjadikan dirinya sebagai salah satu penulis paling produktif di Indonesia. Istilahnya “makan buku”.

Di buku ini, Masri berbagi rahasia produktivitas menulisnya, menginspirasi banyak calon penulis untuk mengikuti jejaknya.

Masri memperinci evolusi menulis dari masa lalu. Era media cetak, menulis salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan (honor). Menulis menjadi hobi yang memberikan kepuasan, didorong aanleg serta dibimbing oleh passion.

Menulis bagi Masri kini berada pada peak yang hanya dirinya merasakan nikmat sedapnya berada di area tempatnya sebagai camper mendirikan perkemahan. Di mana segalanya berpusat pada diri sendiri. Suatu keadaan yang kerap disebutnya “write-preneurshipP. Di mana waktu, ide, serta hasil ditentukan diri sendiri, bukan lagi oleh orang lain.  

Malu rasanya memeberkan biodata di sini. Anda dapat mencari  tahu detail saya di Wikipedia atau sumber lainnya yang tersedia secara online.

Kunjungi https://id.wikipedia.org/wiki/Masri_Sareb_Putra

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply