Ensiklopedia Buah Tropis| Seorang dari Penyusun, Telah Tiada

Jangkang tanah dan bumi eksotik, yang dihuni subsuku Bidayuh yang populasinya ditengarai berjumlah tidak kurang dari 45.000. Terletak di Kecamatan Jangkang, Kabutapen Sanggau, Kalimantan Barat, daerah yang terdiri atas lembah, bukit, dan ngarai itu; dikenal subur.

Aneka flora dan fauna berhabitan di sana. Salah satu di antaranya adalah: aneka buah tropis yang kaya dengan cita rasa dan varietasnya. Sebagian dapat ditemukan di daerah lain di bumi Borneo, akan tetapi tentu –sesuai habitatnya- sebagian khas tanaman buah setempat.

Disusun dan diterbitkan oleh komunitas Porugo’ Obi Jongkang (POJ), sebuah grup WA orang Jangkang, inilah referensi penting bagi siapa saja. Bertujuan mendokumentasikan aneka buah tropis khas Jangkang yang sebagian telah langka.

Ensiklopedia, berbeda dengan buku biasa, memang lama menyelesaikannya. Selain kecermatan, akurasi, juga karena entry datanya yang menuntut lebih dibandingkan dengan buku lainnya.

Disusun berdasarkan alfabetis, sehingga memudahkan Pembaca menemukan setiap entri dan penjelasannya dalam tiga bahasa: Jankang, Indonesia, dan Inggris. Sebuah pustaka yang berguna memperkaya siapa saja dan patut menjadi referensi di berbagai perpustakaan serta dijadikan materi pembelajaran muatan lokal.

Namun sayang seribu sayang. Satu di antara penyusun ensiklopedia ini, sebelum rilis resmi, telah diada. Yakni Lukas Subardi.

Peristiwa ini membuat kami, Maliki dan saya, cukup terganggu konsentrasi. Akan tetapi, malah semakin terpicu untuk dedikasi padanya menyelesaikan sebuah karya legasi pada siapa saja.

Menurut kamus bahasa Indonesia daring, ensiklopedia adalah: karya rujukan yang berisi keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang ilmu pengetahuan, biasanya disusun menurut abjad atau tema (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ensiklopedia)

Ensiklopedia, berbeda dengan buku biasa, memang lama menyelesaikannya. Selain kecermatan, akurasi, juga karena entry datanya yang menuntut lebih dibandingkan dengan buku lainnya.

Tapi justru di sana tantangannya. Oleh sebab itu, tidak setiap penulis bisa dan sanggup menyusun sebuah ensiklopedia.

Rencana, kandungan menu sajian buku ini, akan dimuat di web kita ini satu demi satu. Khusus untuk Pembaca setia. Agar bisa menikmati gizi menunya lebih awal dibanding yang lain.

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 719

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply