Eurycoma Longifolia | Kasiat Pasak Bumi (2)

Khasiat pasak bumi, selain menambah tenaga, juga diyakini bermanfaat menyembuhkan banyak penyakit. Misalnya, sakit malaria dan muntaber.

Jika  dalam keadaan genting, dan air panas tidak tersedia, penderita cukup menggigit akar pasak bumi. Kalau di alam mulut sudah terasa pahit, maka langsung saja dikonsumsi sebagai obat.

Usai dicabut, akar pohon pasak bumi lalu dicuci. Baru dijemur dan dikeringkan. Setelah kering, akar pasak bumi siap untuk dikonsumsi. Bisa diiris halus, lalu disedu dengan air hangat tanpa sabun, masukkkan ke dalam gelas, baru siap diminum.

Kalau tidak mau repot-repot meracik sendiri dari akar langsung, pasak bumi pun tersedia dalam bentuk gelas atau piala. Ukurannya sama dengan gelas biasa. Gelas akar pasak bumi ini banyak dijual di pasar-pasar. Juga tersedia di pusat kerajinan tradisional Dayak Kalbar, di sepanjang jalan Pattimura, Pontianak.

Gelas pasak bumi tinggal dituangkan saja air hangat. Selang beberapa menit, akan menghasilkan warna kuning. Jika telah berwarna-teh, siap untuk dikonsumsi. Tidak perlu diimbuh dengan gula. Alami begitu saja lebih perisa.

Manfaat pasak bumi baru terasa beberapa jam kemudian. Entah sugesti, ataukah oleh karena mengandung manfaat, badan terasa segar dan ringan setelah minum dari teh tradisional itu.

Mitos atau bukan, yang jelas pasak bumi, tanaman khas Kalimantan, kini sudah jadi komoditas. Bahkan diekspor ke mancanegara Jangan dilihat harganya yang  mahal (secangkir gelas pasak bumi di Pontianak Rp30.000,00).

Namun, lihatlah manfaatnya. Secangkir pasak bumi, terbukti sanggup meningkatkan gairah dan keperkasaan.

Bagi masyarakat tradisional di Kalimantan, pasak bumi pun berfungsi sebagai jadi tanaman obat yang dapat menyembuhkan penyakit malaria dan muntah berak.

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 729

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply