Exempli Gratia

Exempli gratia, frasa Latin ini, secara harfiah diterjemahkan sebagai “contoh yang diberikan” atau “untuk contoh”.

Frasa ini sering digunakan untuk memperkenalkan atau menyertakan contoh-contoh dalam pembicaraan atau tulisan.

Baca Ora et Labora

Asal usul frasa ini terletak pada penggunaan dalam bahasa Latin klasik di Roma kuno. “Exempli” berasal dari kata “exemplum” yang berarti “contoh” atau “teladan”. Adapun “gratia” memiliki arti “demi” atau “karena”. dan “untuk”.

Jadi, secara harfiah, frasa ini menyatakan “demi contoh”.

Dalam konteks yang lebih luas, frasa ini sering digunakan dalam tulisan akademis, pidato, atau diskusi untuk memberikan contoh konkret atau mengilustrasikan suatu argumen atau konsep. Contohnya bisa berupa kasus nyata, skenario hipotetis, atau situasi yang relevan dengan topik yang sedang dibahas.

Sebagai contoh penggunaan dalam kalimat, kita bisa memperhatikan kalimat berikut:

“Dia memiliki berbagai minat dalam bidang ilmu pengetahuan, exempli gratia biologi, antropologi, etnologi, dan komunikasi.”

Baca Do ut Des

Dalam kalimat ini, frasa “Exempli gratia” dapat secara eksplisit disertakan. Namun, kadangkala juga tidak. Meski demikian, pemahaman akan maknanya membantu kita memahami bahwa pembicara akan menyebutkan beberapa contoh minat yang dimiliki oleh subjek pembicaraan.

Kerap pula exempli gratia disingkat dengan: e.g. Namun, jika menggunakan singkatan, banyak orang kurang paham akan kepanjangannya, apalagi akan maknanya. *)

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 729

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply