Liturgi sebagai Buku Ajar di Peguruan Tinggi Katolik

Dosen hari ini tidak menulis? Bukan dosen! Mengapa? Sebab menulis dan publikasi bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi.

Dengan demikian, menulis adalah bagian dari “helaan napas” dosen. Sebagaimana yang dilakukan RP. Laurentius Prasetyo, CDD, S.S. M.Th, (Dr. Cand.). Ia salah seorang dosen pada Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKatN) Pontianak, Kalimantan Barat ini membuktikan “menulis apa yang dilakukan, melakukan apa yang ditulis”.

Baca Rumus Menghitung Kecepatan Membaca

Dengan demikian, menulis bukan hal yang terpisah, atau tidak terpisahkan dari mengajar! Mengajar dalam 14 kali pertemuan (tatap muka/ daring) di kelas, dapat diolah menjadi materi naskah. Maka jadilah sebuah!

Buku ini dirancang sebagai bahan ajar mata kuliah Liturgi pada perguruan tinggi, khususnya Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKatN) Pontianak, Kalimantan Barat. Namun, dapat juga digunakan sebagai bahan ajar di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Katolik lainnya.

Buku ini tidak hanya menjadi pedoman di ranah akademis, tetapi juga menyibak wawasan awam Katolik untuk memahami esensi, sejarah, serta tata cara Liturgi dalam tradisi Gereja Katolik.

Baca Ngayau, Misteri Manusia Kepala Merah (Cheu Fung Theu)

Dengan pendekatan yang komprehensif, buku ini menjembatani kesenjangan antara pengetahuan liturgi di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Diharapkan, pembaca dari berbagai latar belakang dapat merasakan kekayaan spiritual dan makna mendalam dalam setiap perayaan liturgi Gereja Katolik.

Penekanan Pada Kepraktisan dan Keanekaragaman

Buku ini tidak hanya berfokus pada aspek teoritis liturgi, tetapi juga memberikan penekanan pada kepraktisan. Dengan bahasa yang jelas dan contoh-contoh yang relevan, pembaca akan diajak untuk mengaplikasikan konsep-konsep liturgi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Selain itu, buku ini menyadari keanekaragaman dalam pengalaman liturgi di berbagai wilayah dan budaya. Pembaca akan dibimbing untuk memahami bagaimana liturgi dapat menjadi ekspresi iman yang kaya dan beragam dalam konteks lokal maupun global.

Kontribusi Terhadap Pembangunan Gereja

Melalui penyebaran buku ini kepada khalayak umum, penulis berharap dapat berkontribusi dalam membangun Gereja dengan memperkokoh fondasi iman melalui pemahaman liturgi yang benar. Buku ini menjadi alat yang dapat memperluas wawasan, memperdalam spiritualitas, dan merayakan kekayaan tradisi liturgi Gereja Katolik.

Pengayaan Pengetahuan Keagamaan dan Spiritual

Selain menjadi bahan ajar, buku ini juga mengundang pembaca untuk menjalani perjalanan spiritual dan menemukan makna yang lebih dalam dalam setiap aspek liturgi. Oleh karena itu, diharapkan pembaca tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga pengayaan spiritual yang memperdalam hubungan pribadi dengan iman Katolik.

Baca 101 WRITING BUSINESSES YOU CAN START FROM HOME : Berani Nulis, Berani Kaya

Dengan demikian, “Liturgi: Merayakan Karya Keselamatan Allah” bukan hanya sekadar buku ajar, melainkan suatu upaya nyata untuk membuka pintu ke dunia liturgi bagi siapa saja yang ingin memperdalam dan merayakan kekayaan iman Katolik.

Penulis dan Spesifikasi Buku

Penulis buku, RP. Laurentius Prasetyo, CDD, S.S. M.Th, (Dr. Cand.) adalah seorang pakar liturgi yang telah mengukir jejak panjang dalam dunia akademis. Pastor Pras, begitu akrab disapa, kini menempati jenjang jabatan akademik (JJA) sebagai Asisten Ahli (AA) dengan kategori pegawai P-3-K. Pengalaman dan pemahaman mendalamnya mengenai liturgi membuatnya menjadi pilar penting dalam pengajaran dan penelitian di bidang ini.

Pastor Pras bukan hanya seorang akademisi yang ulung, tetapi juga seorang dosen yang berdedikasi tinggi. Keahliannya dalam merangkai konsep liturgi menjadi materi yang dapat dipahami oleh mahasiswa dengan berbagai latar belakang pengetahuan. Keterampilannya dalam memberikan pemahaman praktis melalui teori liturgi menjadikan setiap sesi pembelajaran menjadi pengalaman berharga.

Selain kesuksesannya di ranah akademis, Pastor Pras juga dikenal sebagai sosok yang menyukai pendidikan dan pembinaan generasi muda. Keberhasilannya dalam mendidik dan membimbing mahasiswa mencerminkan dedikasinya terhadap pembentukan karakter dan intelektualitas generasi penerus.

Keaktifan Pastor Pras tidak hanya terbatas di lingkungan kampus. Ia juga dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul dalam masyarakat luas. Keterbukaannya dan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan beragam kalangan membuatnya menjadi figur yang dicintai dan dihormati oleh mahasiswa, rekan sejawat, dan masyarakat umum.

Dengan kombinasi keahlian akademis, dedikasi tinggi terhadap pendidikan, dan kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik, Pastor Pras bukan hanya seorang penulis buku liturgi yang berkompeten, tetapi juga salah seorang figur anutan bagi umat paroki St. Agustinus, Sungai Raya. Sekaligus inspirator bagi banyak orang dalam memahami dan merayakan kekayaan liturgi Gereja Katolik.

Buku ini memiliki dimensi 15 x 21 cm dan terdiri dari 142 halaman.

Isi Buku

Buku ber-ISBN, dan bagi dosen memberi kum (angka kredit) 40 ini, menyajikan pemahaman mendalam tentang liturgi sebagai bentuk perayaan terhadap karya keselamatan Allah.

Dengan metode yang jelas dan terstruktur, pembaca akan dibimbing untuk memahami esensi liturgi dalam konteks iman Katolik. Mulai dari penjelasan konsep dasar hingga elemen-elemen utama dalam pelaksanaan liturgi, buku ini dirancang untuk menjadi panduan yang komprehensif.

Genre buku ini: buku/ bahan ajar. Bukan buku teks, apalagi modul.

Cara Mendapatkan Buku

Peminat yang ingin mendapatkan buku ini dapat menghubungi penulis, RP. Laurentius Prasetyo, atau kontak langsung ke kampus STAKatN Pontianak untuk melakukan pemesanan.

Baca Duc in Altum

Buku ini tersedia untuk umum. Mengundang siapapun yang tertarik untuk lebih mendalami liturgi dalam konteks ajaran iman Katolik.

Share your love
Avatar photo
Biblio Pedia
Articles: 241

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply