Pesona Alam dan Budaya Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur (NTT) secara umum dikenal sebagai provinsi  di timur Indonesia yang kering kerontang. Fakta sesungguhnya keadaan tidak demikian. 

Banyak tempat di NTT indah, sejuk, bahkan menebar sejuta pesona. Baik alam pemandangan maupun dari sisi eksotik seni budayanya.

Flores salah satu di antaranya. Dari kata flos – flores (bunga); nusa ini menyimpan pesona keindahan tiada taranya. Danau Kelimutu (nikmati gambarnya pada ilustrasi) memperlihatkan bahwa NTT suatu destinasi wisata dunia yang unik, sekaligus menarik.

Inilah yang coba digambarkan Markus Makur, penulis buku ini. Penulis andal dari Kompas ini membalikkan konsepsi, sekaligus membangun persepsi yang benar mengenai alam, budaya,serta manusia NTT.

Image orang tentang NTT selama ini terbangun provinsi di timur Indonesia itu kering kerontang. Ini keliru! Hanya saja, belum banyak yang mengetahui bahwa wilayah itu menyimpan banyak pesona, utamanya panorama yang indah, serta budaya yang khas.

Setelah mengenal, barulah banyak orang melancong ke NTT. Kini, banyak pecinta alam dan budaya merencanakan kunjungan Anda jauh-jauh hari ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Ada apa di Pulau Flores yang selalu dipublikasikan media massa, khususnya media traveler.

Untuk mengetahui jawabannya, berkunjunglah bersama keluarga, anak-anak, rekan bisnis, kawan ke Pulau Flores yang sudah dinyatakan masuk daerah keajaiban dunia. Bahkan, terakhir penerbit buku wisata terbesar dunia Lonely Planet di Inggris sudah memasukkan Pulau Flores sebagai salah tujuan wisata top dunia pada 2015. Apakah Anda sebagai peneliti, arsitektur, ahli persawahan atau pertanian sudah mempelajari cara pembagian lahan pertanian, baik persawahan maupun lahan kering di Manggarai Raya?

Jika belum maka jelajahi wilayah Pulau Flores Barat untuk melihat keunikan-keunikan pembagian lahan persawahan seperti yang dilakukan masyarakat agraria di Flores Barat. Bahkan tidak semua kabupaten di Flores memiliki persawahan yang berbentuk jaring laba-laba. Barangkali film Spiderman menginspirasi dari persawahan lodok di Manggarai Raya selain dari jaring laba-laba.

 

Dari sembilan kabupaten di Pulau Flores, pembagian lahan per[1]sawahan berbentuk lodok hanya di Manggarai Raya (Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur).

Selain binatang Komodo yang sudah masuk dalam tujuh keajaiban dunia, persawahan lodok di Mang[1]garai Raya juga sudah masuk dalam kategori persawahan unik di Asia Pasifik dan juga salah satu tujuan wisata unik. Juga objek wisata lain, penuh pesona, yang tidak perlu dijelaskan, cukup pembaca ikuti gambarannya melalui rangkaian kata-kata.

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 729

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply