Satrio Piningit Itu Siapa?

HARI-HARI terakhir ini banyak orang membicarakan siapakah presiden ke-8 RI. Sosok yang bakal mengantar bangsa Indonesia keluar dari krisis politik dan kemelut ekonomi. 

Dia yang akan menerima amanat rakyat. Menggantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden ke-7, setelah memangku jabatan pemimpin puncak negara Pancasila selama 2 periode.

Jawabannya ternyata bermacam-macam. Apalagi berbagai kalkulasi politik dan analisis menyimpulkan ada banyak sosok yang capable untuk jabatan itu. Sayangnya, berdasarkan sandi gaib ramalan Jayabaya, orang tersebut, masih tunjung patuh semune pudak sinumpet (seorang berhati suci yang masih disembunyikan identitasnya oleh kegaiban Tuhan).

Jangan lewatkan Jika Rakyat Berkuasa

Dengan begitu, menjadi menarik mengutak-atik ramalan Jayabaya, lalu berusaha menafsirkan sandi Jayabaya. Inilah inti dari buku ini, berupaya menghadirkan sandi Jayabaya berikut dengan terjemahannya agar khalayak dapat menafsirkan sendiri siapa calon pemimpin bangsa, tokoh nasional, partai dan situasi politik Indonesia. Selain itu buku ini juga dapat menuntun untuk menafsirkan sekarang kita sedang berada di zaman apa?

Seperti diketahui terdapat tiga ciri Zaman Kalabendu.

Pertama, artati atau uang. Bukti menunjukkan, saat ini masyarakat berlomba-lomba mengejar uang dan ini benar sekali.

Kedua, nistana (kemelaratan). Tak dapat disangkal, kini sebagian besar masyarakat kita hidup melarat. Busung lapar, penjarahan, pemalakan, atau perampokan adalah bukti nyata bahwa banyak orang hidup melarat.

Dan ketiga, jutya (kejahatan). Tak bisa disangkal, kejahatan muncul di mana-mana.

Baca artikel terkait Kepemimpinan yang Melayani

Hal yang cukup melegakan, menurut buku ini (hal xii), Zaman Kalabendu yang mengerikan itu segera akan kita tinggalkan. Kita akan memasuki Zaman Kalasuba yang bertepatan waktunya dengan kemunculan Ratu Adil, Almasih, atau Penyelamat. Ramalan Jayabaya menjuluki tokoh penyelamat itu sebagai “Sultan Herucakra” atau Satria Piningit.

Di injury time, sosok itu akan mencalonkan diri sebagai presiden RI yang ke-8. Ia tidakoff side seperti seorang plitisian senior. Sebaliknya, tidak terlambat. Datangnya pada waktu yang tepat.

Siapakah Satria Piningit itu? Dari 25 sandi Jayabaya yang dimuat buku ini, barangkali saja Satria Piningit yang dimaksudkan adalah sandi ke-14 “Sandi Pasopati” (hal 29). Ayat asli sandi Jayabaya yang berbahasa Jawa sbb.

Miyos loji nggayuh kasampurnan/amratelaake jejeging bawono/kang kajatene suwung/amang Allah kang kagungan Ratu mono dudu sawung/among cukup anglungguhi/ngrekso budaya jiwaning bangsa/tansah mencorong cahyane/luwung mangkono tinimbang asor/marga kabanda dening kadonyan.

Terjemahannya:
keluar dari istana meraih kemuliaan/menerangkan tegaknya buwana/yang sesungguhnya kosong/hanya Allah yang memiliki. Ratu itu bukan ayam aduan/hanya cukup menduduki  kemuliaan/menjaga budaya yang merupakan jiwa bangsa/senantiasa bersinar cahaya/lebih baik begitu daripada jadi rendah/sebab terikat oleh keduniawian.

Lalu siapa tokoh yang dimaksudkan oleh sandi Jayabaya itu? Banyak yang menyakini pasti salah satu dari 3 tokoh Ganjar, Prabowo, Anis. 

Dari berbagai kalkulasi politik, dan ditilik dari sisi plus dan minusnya, ternyata keempat tokoh itu sama peluangnya tampil sebagai Ratu Adil. Namun, kalau menurut sandi Jayabaya, maka tak satu pun dari ke-3 sosok yang dimaksud dengan Satria Piningit itu.

Apalagi, akhir-akhir ini “Satrio Piningit” itu sering keluar dari keraton / istana (persembunyian) untuk merangkul semua pihak dan golongan.

Tak pelak lagi, ia seorang anak muda, dari garis darah biru. Sosok yang menggenapi salah satu ayat ramalan Jayabaya yang berikut ini.

“Ia akan keluar dari istana, menerangkan tegaknya buwana”.

Di injury time, sosok itu akan mencalonkan diri sebagai presiden RI yang ke-8. Ia tidakoff side seperti seorang plitisian senior. Sebaliknya, tidak terlambat. Datangnya pada waktu yang tepat. 

Buku ini memerinci kriteria sang Satrio Piningit. *)

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply