Seminar – Webinar| Sama dan Bedanya di Mana?

Apa beda Web-inar dan Semi-nar? Sementara topik sama dan sumber yang bercerita (narasumber) sama?

Ruang dan jaringan Internet pembedanya. Juga bentuk komunikasi.
Seminar, etimologinya dari kata Latin “Seminarium”. Harfiahnya berarti: pesemaian, pembibitan,  benih atau bibit, sumber, asal mula, pangkal (Kamus Latin Indonesia, 1969: 779).

Dalam dunia akademik, seminar adalah proses dan kegiatan menyampaikan pesan (isi) suatu wacana/ topik khusus kepada khalayak agar mereka memahami materi yang disampaikan, tergali potensinya, dan berpengetahuan. Dari kata Latin “seminarium” yang berarti: menyemai.

Nah. Webinar adalah kependekan dari Web berbasis seminar. Webinar adalah presentasi, kuliah, lokakarya atau seminar yang ditransmisikan melalui Web menggunakan perangkat lunak konferensi video.

***

SEJAK 2014.
Tatkala memutuskan pensiun dini. Dan tak lagi mau diikat dengan kantor tetap, dengan segala peraturannya yang menjengkelkan. Dalam artian, tidak memberi ruang pada kreativitas, pada inovasi pegawai sebab dianggap out of the box. Dan dalam kantor konvensional, orang yang “keluar pagar” dianggap pembangkang, tidak loyal, melawan pimpinan, dan sebagainya.

Saya telah menujumkan bahwa suatu waktu, orang akan berkantor dari rumah. Saya menulis buku khusus. Tentang 101 peluang bisnis (tulisan) yang bisa mulai dan dikerjakan di rumah.

Kantor mobile. Narasumber bisa di mana saja. Banyak penghematan terjadi. Namun, seiring dengan itu, perusahan-perusahaan konvensional harus berlawanan dengan apa yang saya sebut “imprint” di milieu bisnis percetakan dan penerbitan.

Pandemi Covid-19 membuat segalanya berubah. Budaya berubah. Dunia yang dahulu maya, kini nyata.

Kini kita tak bisa bedakan lagi, mana dunia nyata dan mana dunia maya.

Namun, orang yang kreatif, tidak pernah bisa dikerangkeng.

Seperti saya.

Dan juga Anda.

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply