Siapa Bilang Guru tidak Bisa Menulis?

Kini guru dituntut untuk menghasilkan karya tulis ilmiah di dalam proses kenaikan pangkat/golongan.

Sudah banyak kegiatan pelatihan keterampilan dilakukan, akan tetapi terbentur pada: ke mana dan bagaimana keterampilan itu disalurkan dan diterbitkan?

Beruntung, guru-guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan di lingkungan Kabuaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mendapat kesempatan pelatihan keterampilan menulis.

Adalah Pj. Bupati Barsel, H. Mugeni, S.H., M.H. yang berinisiatif mengadakan pelatihan keterampilan menulis tersebut, yang pelaksanaannya oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Selatan.

Pelatihan diadakan pada 8 Februari 2017 di Buntok yang ternyata telah mamacu sekaligus memicu semangat sekitar 600 peserta untuk mulai menulis.

Pada waktu itu, diumumkan adanya Sayembara menulis. Lalu yang menang mendapat hadiah (insentif) menarik, selain hasil karyanya dibukukan.

Semangat dan antusiasme yang sungguh luar biasa.

Beruntung, guru-guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan di lingkungan Kabuaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mendapat kesempatan pelatihan keterampilan menulis.

Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Selatan kemudian lalu memproses hasil karya para guru, peserta sekaligus pemenang Sayembara, untuk dibukukan. Adapun  tujuannya untuk:

  • Menumbuhkembangkan habitus menulis di kalangan guru-guru , kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan di lingkungan Kabuaten Barito Selatan.
  • Menggali , mengasah, dan merangsang terbitnya buku pengayaan nonteks pelajaran sesuai dengan spirit Permendikbud No. 9 Tahun 2016.
  • Menggali dan mengembangkan pustaka bermuatan lokal yang edukatif dan sehat, yang ditulis para penulis setempat.

Sebelum dibukukan, para guru dibekali pengetahuan dan keterampilan menulis.

R. Masri Sareb Putra, M.A., pemateri sekaligus pemotivasi menulis bagi para guru. Didampingi  Dr. Suriansyah Murhaini, S.H., M.H., selaku ketua PGRI Kalimantan Tengah.

Mereka semua telah memberikan dukungan, sekaligus sentuhan. Sedemikian rupa, sehingga memungkinkan pelatihan berbuah menjadi buku.

Inilah karya yang memuat 3 besar plus 15 karya terbaik para guru dan tenaga kependidikan di lingkungan Kabupaten Barito Selatan ini. 

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 729

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply