Studium Generale, bukan Stadium General

Istilah “kuliah umum” dalam bahasa Latin disebut “studium generale.” Studium generale adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jenis pendidikan tinggi di universitas pada Abad Pertengahan Eropa.

Studium generale adalah suatu bentuk pendidikan yang mencakup berbagai bidang pengetahuan, tanpa spesialisasi tertentu.

Kuliah umum atau studium generale bertujuan memberikan pengetahuan yang lebih umum dan luas kepada mahasiswa, mencakup berbagai disiplin ilmu seperti teologi, filsafat, hukum, dan kedokteran.

Baca Buku-buku Life Skill yang Daur Hidupnya Panjang

Mahasiswa yang mengikuti studium generale tidak dibatasi pada satu bidang spesifik. Akan tetapi, mereka diberi kesempatan untuk belajar dan memahami berbagai aspek ilmu pengetahuan.

(Stadium itu: tingkatan, level, kadang untuk menyebut suatu penyakit dalam dunia kesehatan. General, apa? Cek sendiri!)

Asal usul studium generale

Meskipun istilah ini memiliki akar historis dalam pendidikan Eropa Abad Pertengahan, penggunaan “kuliah umum” juga dapat merujuk pada pengajaran atau ceramah umum di lingkungan universitas atau lembaga pendidikan tinggi modern. Biasanya yang melibatkan pembahasan topik yang bersifat umum dan dapat dihadiri oleh berbagai lapisan mahasiswa.

Asal usul istilah “studium generale” atau kuliah umum dapat ditelusuri kembali ke perkembangan universitas pada Abad Pertengahan Eropa, khususnya pada abad ke-12 hingga ke-14.

Pada masa itu, universitas-universitas di Eropa berkembang sebagai pusat pembelajaran dan intelektualitas.

Perkembangan Universitas
Pada awalnya, universitas-universitas di Eropa seperti Universitas Bologna, Universitas Paris, dan Universitas Oxford muncul sebagai komunitas akademis di mana para sarjana dan mahasiswa berkumpul untuk belajar. Mereka membahas dan mengajarkan berbagai aspek ilmu pengetahuan, termasuk teologi, filsafat, hukum, kedokteran, dan sastra.

Kurikulum yang Luas
Kurikulum di universitas pada masa itu tidak terbatas pada satu disiplin ilmu saja. Sebaliknya, mahasiswa diundang untuk mengikuti berbagai mata pelajaran yang mencakup pengetahuan umum dan mendalam di berbagai bidang. Studium generale mencerminkan pendekatan pendidikan yang luas dan holistik.

Pentingnya Pendidikan Umum
Studium generale memperlihatkan pentingnya pendidikan umum yang tidak hanya terfokus pada satu aspek ilmu pengetahuan, tetapi melibatkan pemahaman mendalam terhadap berbagai disiplin. Tujuannya adalah membentuk mahasiswa menjadi individu yang terdidik secara menyeluruh, mampu memahami dan menghargai berbagai bidang pengetahuan.

Penggunaan Bahasa Latin yang benar
Istilah “studium generale” sendiri berasal dari bahasa Latin, mencerminkan pengaruh kuat bahasa ini dalam dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan pada masa itu.

Meskipun studium generale lahir pada Abad Pertengahan, konsep ini mencerminkan nilai-nilai intelektual dan pendidikan yang masih relevan hingga saat ini.

Perubahan besar telah terjadi dalam dunia pendidikan. Toh demikian, kuliah umum tetap menjadi bentuk pengajaran di banyak universitas modern yang memperkenalkan mahasiswa pada berbagai bidang pengetahuan.

–Masri Sareb Putra

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply