Sumber tentang Prasejarah Varuna-Dvipa/Borneo/ Kalimantan

Di Perpustakaan Nasional RI Jalan Merdeka Selatan, Jakarta. Seminggu berkubang di sana dalam upaya melengkapi sekaligus menelusuri sumber primer sejarah Borneo –yang di dalam pustaka zaman Hindu India disebut “Varuna-dvipa– saya menemukan serba-sedikit Prasejarah Borneo sbb:
 
Menjelajah masuk ke zaman prasejarah Borneo, kita akan menemukan karya-karya yang mengagumkan, antara lain: Robert Blust ”Borneo and Iron”. Bahwa berdasarkan bukti linguistik, pengetahuan tentang besi secara signifikan mendahului waktu benda besi pertama kali didokumentasikan di pulau terbesar ketiga dunia itu pada tahun 500-200 SM.
 
Potongan obsidian yang berasal dari Inggris mengisyaratkan bahwa telah ada hubungan perdagangan antar- pulau sekitar 1000 SM. Endapan bijih besi dengan konsentrasi tinggi di pulau ini menjadikan Borneo sebagai lokasi yang mungkin di kawasan Asia Tenggara sebagai lokus transisi dari penggunaan peralatan besi impor ke tahap pengerjaan besi.
 
Diketahui bahwa Borneo pertama kali disebutkan dalam Panduan Geografi Ptolemy sekitar tahun 150 M. Manik-manik perdagangan Romawi dan artefak Indo-Jawa telah ditemukan yang memberikan bukti peradaban berkembang yang berasal dari abad ke-2 atau ke-3 M.
Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply