The Essential Book for Biography Writers

Buku ini tidak berlaku bagi Pembaca yang (merasa) telah pintar! Dan telah menulis 30 biografi, melampaui rekam-jejak saya.

Apa anak-kunci membuka produktivitas menulis? Kok sebulan bisa terbit 4 buku?

Menulislah apa yang Anda lakukan!

Lakukan apa yang Anda tulis! Semudah membalik telapak tangan, sebenarnya, menulis buku.

Inilah saripati pengalaman saya, sebagai penulis puluhan biografi orang biasa, namun ditulis secara luar biasa.

Barangkali sedikit berlebihan jika dikatakan hal demikian: Inilah Must-read book for biography writers. Buku pemandu bagi penulis yang lebih menekankan pada pentingnya membaca buku tersebut. Frase ini mengandung makna bahwa buku tersebut adalah sesuatu yang harus dibaca oleh penulis biografi.

Sebagai penulis biografi, kita melangkah ke dalam lorong sejarah yang penuh misteri. Kita ingin menggali akar-akar dari seni ini, merenungkan tentang para perintis yang pertama mengukir kisah hidup manusia.

Pada pertanyaan, “Siapa penulis biografi pertama di dunia?” kita menyelusuri jejak inkarnasi pertama kalimat-kalimat yang menghidupkan kenangan. Menemukan penulis yang menghadirkan narasi penuh warna tentang kehidupan, menjadikan mereka sebagai pionir kebijaksanaan.

Mengapa Burns, penulis biografi Presiden Amerika, menjadi salah satu “Bapak Manajemen” modern abad ini?

Kita menarik benang merah kisahnya yang biasa, dari sudut pandang penulis biografi yang berani menciptakan karya luar biasa. Burns memahami karakter para pemimpin dunia, karena dia telah menggali seluk-beluk mereka melalui kata-kata. Dia adalah satu dari sedikit orang yang mampu melahirkan pemimpin-pemimpin itu kembali dalam bentuk tulisan.

Kita, Anda dan saya, memiliki potensi untuk menjadi seperti Burns. Kuncinya ada dalam keberanian kita untuk menjalani passion, aanleg, panggilan kita sekaligus profesi kita.

Seperti yang diungkapkan Aristoteles ribuan tahun yang lalu, “Tidak ada yang hebat luar biasa. Yang ada hanyalah habit, kebiasaan, yang dilakukan secara terus-menerus.”

Dalam hal ini benar ungkapan, “Repetitio mater studiorum est” . Bahwa pengulangan adalah inti dari keterampilan dan pengetahuan. Dalam bahasa Inggris, “practice makes perfect.”

Bagaimana kita dapat menulis biografi yang memikat, hingga membawanya seperti sebuah novel yang menggugah? Enam bidang apa saja dari sang tokoh sentral yang perlu kita eksplorasi?

Berbekalkan sejumput pengalaman dan pengetahuan, sejak tahun 1990-an, saya telah menulis dan menerbitkan puluhan biografi. Saya memutuskan untuk berbagi wawasan melalui “Must-read book for biography writers” bagi siapa saja yang ingin memasuki dunia penulisan biografi. Teristimewa bagi pemula yang ingin belajar, yang “gelasnya masih kosong serta mudah untuk diisi”. Juga bagi penulis biografi yang ingin menyegarkan kembali ketrampilan mereka.

Buku ini tidak berlaku bagi Anda yang (merasa) telah pintar!

Ketika Anda membaca buku yang sama, dalam berbagai suasana dan kondisi, berbeda pula respon dan ide yang muncul dari bacaan itu. Bagi yang mahir dan terampil dalam menulis biografi, buku ini akan menguatkan apa yang telah Anda lakukan sekaligus memberikan penyegaran.

Bagaimana kita dapat menulis biografi yang memikat, hingga membawanya seperti sebuah novel yang menggugah? Enam bidang apa saja dari sang tokoh sentral yang perlu kita eksplorasi?

Bagaimana membuat proposal yang meyakinkan untuk mendapatkan proyek menulis biografi?

Berapa tarif tertinggi yang pernah saya terima sebagai penulis biografi?

Berapa rupiah terendah yang pernah saya terima? Pernahkah saya menghadapi situasi di mana saya tidak dibayar sama sekali untuk menulis biografi?

Semua pertanyaan itu, terkuak di dalam buku ini, dalam genre vade mecum ini. Dengan membaca dan memamah-biak buku ini,  pengetahuan yang akan mempertajam wawasan Anda dan membantu Anda memahami topik sebelum Anda mulai menjalani trik dan tips dalam menulis biografi.

Selamat, Anda sekarang adalah penulis biografi. Selamat “makan buku” dalam arti harfiah dan simbolik.

Buku adalah jendela ke dunia yang nirrbatas.

Begitulah cara kerjanya! *)

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 729

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply