The History of Java : Buruk-buruk Papan Jati

Pada tahun 1990, di Taman Mini Indonesia Indah, saya memiliki kesempatan untuk memegang dan membaca buku asli berjudul The History of Java.

Pengalaman ini sungguh luar biasa. Sejak saya masih SD, guru sejarah selalu memberikan cerita-cerita menarik tentang kehebatan dan keunggulan buku ini. Buku ini seolah menjadi pustaka yang tak tergantikan dalam mengulas sejarah Jawa secara lengkap, meskipun ada dugaan bahwa sebagian naskahnya mungkin merupakan hasil plagiasi.

Saat saya memegang buku itu, saya merasa terhubung dengan kisah-kisah masa lalu yang begitu kaya dan berwarna. Sejarah Jawa ternyata lebih dari sekadar catatan sejarah biasa; ia adalah sebuah karya seni yang menggambarkan perjalanan budaya dan peradaban yang memukau.

Begitu banyak hal yang dapat dipelajari dari buku ini. Mulai dari keajaiban peradaban Majapahit yang telah menjadi daya tarik bagi para sejarahwan dan arkeolog, hingga kisah-kisah penuh intrik tentang kerajaan-kerajaan kecil yang saling berkompetisi. Ada juga kekayaan seni dan budaya, seperti seni wayang kulit dan gamelan, yang menjadikan Jawa begitu istimewa.

Meskipun ada keraguan mengenai keaslian beberapa bagian naskah buku ini, tak bisa disangkal bahwa karya ini telah memberikan pengaruh besar dalam memahami sejarah Jawa. Seperti banyak karya sejarah, kita harus mempertimbangkan sumber-sumber lain dan melihatnya dalam konteks yang lebih luas. Tetapi, bagi saya, membaca buku ini di Taman Mini Indonesia Indah adalah pengalaman yang membuka mata dan memperdalam rasa kagum saya pada sejarah dan budaya Indonesia.

The History of Java adalah buku yang ditulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles, seorang administrator kolonial Inggris, dan diterbitkan pada tahun 1817. Buku ini adalah sebuah karya sejarah penting yang membahas sejarah, budaya, geografi, dan berbagai aspek pulau Jawa, yang saat itu menjadi bagian dari Kepulauan Hindia Belanda. Buku ini menggambarkan pengetahuan kolonial Eropa tentang Jawa pada abad ke-19 dan memberikan wawasan yang luas tentang pulau tersebut.

Raffles adalah seorang ilmuwan yang berpengalaman dalam menjelajahi dan memahami budaya pulau-pulau di Asia Tenggara. Buku ini juga mencakup berbagai aspek sejarah dan kehidupan masyarakat Jawa, serta menggambarkan kerajaan-kerajaan kuno di pulau itu, seperti Majapahit. “The History of Java” menjadi sumber penting untuk memahami sejarah pulau Jawa dan telah berkontribusi pada pemahaman sejarah dan budaya Jawa yang mendalam.

Edisi bahasa Indonesia yang telah diterbitkan memudahkan pembaca awam untuk mengaksesnya, membuka pintu bagi siapa pun yang ingin memahami sejarah Jawa. Dalam buku ini, terdapat pelajaran berharga yang sesuai dengan pandangan Cicero tentang lima aspek sejarah.

  1. Memori Sejarah (Memory of History): Buku ini adalah jendela ke masa lalu yang menggambarkan bagaimana peradaban Jawa berkembang seiring waktu. Ini memungkinkan kita untuk memahami peristiwa-peristiwa penting yang membentuk budaya dan sejarah pulau ini.
  2. Pemahaman Peradaban (Understanding of Civilization): Buku ini membantu kita memahami sejarah, nilai-nilai, dan perkembangan budaya Jawa. Hal ini penting untuk memahami bagaimana masyarakat Jawa telah berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan perubahan-perubahan yang telah terjadi sepanjang sejarah.
  3. Pemahaman Terhadap Manusia (Understanding of Humanity): Buku ini juga memberikan wawasan tentang perjalanan manusia di Jawa, termasuk perjuangan, pencapaian, dan perubahan sosial yang telah mereka alami. Ini membantu kita untuk memahami bagaimana manusia di Jawa telah menghadapi tantangan dan peluang dalam sejarah mereka.
  4. Pelajaran Moral (Moral Lessons): Sejarah Jawa, seperti yang disajikan dalam buku ini, juga memuat pelajaran moral yang berharga. Kita dapat belajar dari keberhasilan dan kegagalan masa lalu, serta memahami implikasi dari tindakan-tindakan yang diambil oleh pemimpin dan masyarakat pada saat itu.
  5. Penyemangat (Inspiration): Buku ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi sekarang dan yang akan datang untuk menjaga dan memahami warisan budaya dan sejarah Jawa. Sejarah yang terungkap dalam buku ini mendorong kita untuk menjaga dan merayakan kekayaan budaya dan sejarah kita sendiri.

Dengan edisi bahasa Indonesia yang tersedia, buku ini menjadi lebih terjangkau dan relevan bagi banyak orang. Dalam mengikuti pandangan Cicero tentang sejarah, buku ini mengaktifkan pemahaman yang mendalam tentang perjalanan sejarah Jawa dan memberikan pelajaran berharga bagi kita semua.

Buku ini telah diakui sebagai salah satu karya yang berpengaruh dalam studi sejarah dan budaya Jawa, dan karya ini masih digunakan sebagai referensi penting oleh para peneliti sejarah dan budaya Jawa hingga saat ini.

Terlepas dari sumber naskah asli karya Raffles atau kemungkinan bukan, buku ini tetap memiliki dampak yang signifikan dalam menyebarkan pengetahuan tentang sejarah Jawa.

 

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply