Totum pro Parte

Totum pro parte adalah frasa Latin yang dapat diterjemahkan sebagai “keseluruhan untuk sebagian.” “Totum” berarti “keseluruhan” atau “total,” sementara “pro parte” berarti “untuk sebagian.”

Sebagian untuk seluruhnya

Frasa ini menyiratkan konsep bahwa sesuatu disebutkan atau diidentifikasi sebagai keseluruhan, meskipun sebenarnya hanya sebagian dari keseluruhan itu sendiri.

Baca Pars pro Toto

Totum pro parte adalah istilah yang digunakan dalam konteks metonimi, di mana bagian dari sesuatu digunakan untuk mewakili keseluruhan atau sebaliknya.

Metonimi adalah sebuah gaya bahasa atau retorika di mana satu kata atau frasa digunakan untuk merujuk pada yang lain, berdasarkan hubungan dekat antara keduanya.

Dalam metonimi, ada hubungan logis atau keterkaitan antara unsur yang satu dengan yang lain. Metonimi seringkali digunakan untuk menyederhanakan atau memudahkan penyampaian informasi, terutama ketika objek atau konsep yang sebenarnya sulit untuk dijelaskan.

Baca E Pluribus Unum

Contoh umum metonimi termasuk penggunaan bagian dari suatu konsep untuk merujuk pada keseluruhan konsep tersebut, atau sebaliknya. Beberapa contoh metonimi melibatkan penggunaan nama merek untuk merujuk pada produk atau merek tertentu.

Penerapan totum pro parte dalam kalimat

Penerapan dari “totum pro parte” bisa ditemukan dalam ekspresi atau frasa dalam bahasa yang mencirikan sesuatu dengan merujuk pada bagian dari keseluruhan. Contoh penggunaan yang umum adalah ketika kita menyebutkan merek dagang untuk merujuk pada seluruh produk atau jenis produk yang dihasilkan oleh merek tersebut.

Non Scholae sed Vitae

Dalam kehidupan sehar-hari, orang sering mengatakan, “Saya naik Honda”. Padahal yang dimaksudkan adalah sepeda motor. Inilah contoh kalimat yang  dapat memberikan gambaran lebih jelas.

Ungkapan semacam itu menunjukkan bahwa istilah “Honda” digunakan untuk merujuk pada sepeda motor secara umum. Walaupun Honda sebenarnya adalah merek tertentu dari sepeda motor. *)

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 729

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply