9 Tahapan menuju Budaya Baca 2 : Membaca Pesan WA dan Kata-kata Bertuah

Tahap pertama menuju habitus membaca, telah kita baca dengan saksama dan dalam tempo yang seringkat-singkatnya.

Baca 9 Tahapan menuju Budaya Baca (1)

Kini kita masuk ke tahapan yang ke-2 menuju kebiasaan kutu-kata.

Tahap Kedua, yang menekankan bahwa kita sebenarnya melakukan kegiatan membaca setiap hari, membuka pintu untuk memahami bahwa sumber literasi dapat berasal dari berbagai media sehari-hari. Adalah fakta menarik bahwa dalam era digital, pesan teks dan narasi singkat di platform seperti WhatsApp (WA) dapat menjadi awal yang menggugah minat membaca seseorang.

Setiap hari kita membaca

Setiap hari, kita berinteraksi dengan berbagai bentuk tulisan di pesan WhatsApp. Pesan-pesan tersebut tidak hanya sekadar informasi tetapi juga seringkali mengandung pesan inspiratif dan motivasional. Menyadari nilai dari pesan-pesan ini dan menyimpannya sebagai sumber inspirasi atau motivasi adalah langkah bijak. Pesan-pesan semacam itu tidak hanya memotivasi kita untuk tetap positif dan gigih, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pemacu minat baca lebih lanjut.

Penting untuk menangkap potensi pesan-pesan singkat sebagai jembatan menuju membaca buku elektronik atau buku digital. Pesan-pesan yang positif dan memberikan semangat dapat menjadi kunci untuk membuka pintu ke dunia literasi yang lebih luas. Misalnya, ketika seseorang merasa terinspirasi oleh pesan WA yang menyentuh, mereka mungkin merasa tertarik untuk mendalami topik atau gagasan tersebut melalui membaca buku atau artikel yang lebih komprehensif.

Menyimpan pesan WA yang positif dan membuang yang negatif

Selain itu, menyimpan pesan-pesan ini dengan tujuan untuk dibaca kembali di masa depan menciptakan kebiasaan positif. Ketika seseorang merasa membutuhkan dorongan semangat atau inspirasi, mereka dapat melihat kembali pesan-pesan tersebut dan menggali lebih dalam dengan membaca sumber-sumber literatur yang relevan.

Melalui pendekatan ini, budaya membaca tidak hanya ditemukan dalam buku konvensional, tetapi juga terbuka lebar dalam dunia digital. Pesan-pesan WhatsApp dan narasi singkat yang bermakna dapat menjadi katalisator untuk mengembangkan minat baca yang lebih mendalam dan berkelanjutan.

Contoh kata-kata bertuah

Dengan memahami bahwa membaca dapat dimulai dari aktivitas sehari-hari yang sederhana, kita dapat merangsang minat membaca yang berkelanjutan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Tempalah besi selagi panas.
    • Pesan ini mengajarkan prinsip kebijakan waktu yang tepat. Seperti besi yang harus ditempa saat masih panas untuk mencapai bentuk yang diinginkan, demikian juga dengan peluang dalam hidup. Momen yang tepat harus diambil dengan bijak untuk mencapai kesuksesan.
  2. Saya tidak ngiler melihat harta, tapi saya ngiler waktu tidur.
    • Pesan ini menyoroti nilai-nilai hidup yang sejati. Meskipun kekayaan materi penting, pesan ini menekankan bahwa kesehatan dan waktu istirahat yang cukup memiliki nilai yang tak ternilai. Hal ini mencerminkan pentingnya menjaga keseimbangan antara karier dan kesejahteraan pribadi.
  3. Berhentilah di puncak, jangan puaskan mereka sebab engkau akan dinani kedagangannya.
    • Pesan ini memberikan peringatan agar tidak terlalu puas dengan pencapaian tertinggi. Selalu ada tantangan dan peluang baru di masa depan, dan kepuasan berlebihan dapat menghambat pertumbuhan dan kemajuan.
  4. You are what you think about.
    • Pesan ini mencerminkan kekuatan pemikiran positif. Pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri dan hidup kita dapat memengaruhi perilaku dan hasil yang kita capai. Pesan ini mengajak untuk selalu memelihara pemikiran positif.
  5. Never measure the height of a mountain until you have reached the top. Then you will see how low it was. –Dag Hammarskjold·
    • Pesan ini mengajarkan tentang rendah hati dan pemahaman diri. Ketika kita mencapai puncak keberhasilan, tidak bijaksana untuk meremehkan orang lain atau merasa superior. Sebaliknya, kita mungkin baru menyadari sejauh mana perjalanan kita ketika berada di puncak.

Pesannya jelas membawa nilai-nilai positif dan pandangan hidup yang bijaksana, menunjukkan bahwa pesan-pesan singkat seperti ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk membentuk pola pikir yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. *)

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 729

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply