Menoleh Industri Penerbitan Buku “Tempo Doeloe” (3)

Sembari nyeruput kopi. Di sore yang sedang muram cuaca ini. Saya bayangkan: Suatu waktu nanti. Ada pegiat literasi yang menulis tentang kiprah dan karya warga WAG ini, seperti ini:

Di samping penerbit yang dikembangkan Kompeni, penerbit asli Nusantara mula-mula berkembang di Sumatera, seperti misalnya Limbago Minangkabau, Drukkerij Merapi (Bukittinggi), dan Almoenir (Padang).

Percetakan dan penerbit lokal mencetak dan menjual cerita-cerita lokal pula, seperti seri “Lukisan Poejangga”, “Pergaulan”, dan “Dunia Pengalaman”.

Setelah itu, berkembang produksi roman picisan di seluruh kota Sumatera. Baru kemudian, tahun 1917, mendapat saingan dari Jakarta dengan tampilnya Balai Pustaka.

Tidak lama berselang setelah merdeka, 1947, tampil penerbit Pembangunan — kerja sama antara Kompeni Hindia Belanda dengan segelintir tokoh intelektual Indonesia.

Tahun 1950, penerbit Pembangunan mempekerjakan 70 karyawan, 4 di antaranya orang Belanda.

Sebagai penerbit, Pembangunan boleh dibilang sukses besar, dengan produksi yang cukup fantastis.

Pembangunan menerbitkan karya-karya: Ir. Soekarno berjudul “Sarinah”, edisi kedua, sebanyak 50.000 eksemplar (1951); Hatta dengan judul “Koperasi” (1954); Chairil Anwar dengan “Deru Tjampur Debu” (1949). Antara tahun 1949-1956, diterbitkan 50-70 judul buku. Penerbit Pembangunan menjadi market leader penerbit buku, dengan meraup 50% pasar saat itu.

Djambatan pada 1953 menjadi penerbit yang agresif, dengan Roeswita Pamuntjak sebagai tokoh penting. Saat itu, Djambatan yang berkantor di Jalan Kramat Raya mempekerjakan 30 karyawan.

Struktur organisasi penerbitan Djambatan sudah mengenal adanya pembagian tugas yang jelas antara redaksi dan pemasaran. Jumlah produksi per tahun antara 150-200 judul, dengan tiras antara 3.000-7.500 eksemplar.

Tahun 1953, Masagung (Tjio Wie Tay) dan rekannya Adisuria (The Kie Hoat) mendirikan N.V. Gunung Agung.

(Bersambung)

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 730

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply