Nikmatnya Ngopi sembari Ngo Pi (Ngolah Pikir)

Ngopi sembari ngo pi (ngolah pikir). Adalah istilah yang saya cipta. Ketika pada 2019 kami, sekeluarga, direstui Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Memberi memiliki dan mengelola sebuah kafe. Yang menu utamanya adalah: kopi.
 
Sebelum Pandemi Covid-19 mengguncang manusia dan mengecilkan dunia, kafe itu boleh dibilang: laku. Banyak pengunjung. Pasca Pandemi Covid-19, sebagaimana biasa, bisnis surut.
 
Namun, kami tak kehabisan kreativitas. Kami jadikan kafe, yang sewa rukonya setahun di bilangan tempat itu terbilang “mahal”, bukan hanya menjual kopi. Tapi juga area public sphere, kantoran, tempat ngo pi (ngolah pikir).
 
Tak perlu dikisahkan bagaimana ngolah pikir itu berproses. Yang pasti, kini kafe telah kawin-mawin dengan usaha olah-kata, olah pikir, bisnis digital dengan memanfaatkan jaringan Internet dan Google.
 
Fokus kita ke buku ini. 
Saya diberikan langsung oleh penulisnya, Prof. AB Susanto, yang riset dan menulis buku ini. Ada ucapan dan tanda tangannya juga: Jakarta, 6 April 2019.
 
A must have book for a coffee lover !
 
Dua saya dapat buku luxury, dengan kertas art paper yang dicetak dengan kualitas tingkat dewa.
 
Saya hanya ingin berbagi kandungan gizi menu buku ini.
 
Boleh dikatakan buku ini adalah a Handbook for COFFEE lovers.
Mengapa? Sebab di balik butiran biji-biji kopi yang telah melalui berbagai proses rumit dan prima, secangkir kopi beraroma harum ternyata menyimpan aneka kisah panjang yang menyangkut berbagai sendi-sendi kehidupan manusia.
 
Mulai dari sejarah, ekonomi, politikdantentunya sosial budaya. Kopi telah menjadi salah satu komoditi untuk bersaing dan bersanding dari berbagai negara.
 
Kopi juga telah membuat banyak anak negeri sejahtera, walau disisi lain peringkat ekspor kopi Indonesia yang keempat di dunia masih dapat terus ditingkatkan guna meraup perolehan devisa yang lebih tinggi.
 
Dibahas secara lengkap oleh peulis segala sesuatu mengenai kopi, dikemas dalam bahasa yang membumi sehingga asyik dibaca. Mulai dari sejarah, pengenalan lebih dekat tentang tanaman kopi, pengolahan biji kopi dan bubuk kopi, cara penyajian, cupping test, perdagangan kopi, kopi spesialti.
 
Juga dipaparkan bagaimana saat ini “budaya kopi” yang telah meluas dan menjadi bagian dari gaya hidup yang ditandai dengan menjamurnya Kafe-Kafe mendampingi kedai kopi yang sudah lama kita kenal.

Buku ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, meningkatkan kompetensi menjadi “Duta Kopi” dan akan membuat kita lebih mencintai minuman magis ini, khususnya bagi pecinta kopi dan seluruh pemangku kepentingan di dalam industri kopi.

Nikmatilah sambil menghirup secangkir kopi!
Anda akan menikmatinya.

  • Buku yang sangat komprehensif mengenai Kopi.
  • Dari proses penemuan biji kopi hingga menjamurnya Cafe? dewasa ini;
  • Dari penanaman, proses pengolahan hingga cupping test;
  • Dari peran Barista hingga cara terbaik menikmati kopi;
  • Dari kopi spesial, aspek perdagangan hingga aspek kesehatan dan kecantikan semuanya dapat ditemukan dalam buku ini.

Sembari ngopi, baca dan emulasi buku ini!

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply