Data & Fakta Buku di Indonesia

Pada tahun 2014. Jadi, hampir 10 tahun lalu. Saya mendapat undangan khusus dari pemilik penerbit Tiga Serangkai.

Saya diundang ke markas besar mereka di Ciracas untuk melakukan sebuah presentasi.

“Mohon maaf. Jika teri mengajari kakap berenang dan mencari makan,” saya membuka paparan.

Hadirin tertawa!

“Tak mengapa,” sela owner yang duduk samping saya. “Kami ini kapal besar, tidak punya sekoci. “

Dan demi kebaikan dan menghargai privasi, perempuan owner itu tak saya notif di narasi ini.

Lalu diterangkannya bahwa, “Hari ini kita siapkan sekoci, menghadapi tantangan ke depan, sebab bisa jadi kapal besar selain oleng lagi sarat dengan muatan, tidak akan lincah bergeraknya.”

Di hadapan jajaran manajemen dari tingkat yang paling rendah hingga direktur penerbit yang paling senior, saya menyampaikan materi presentasi yang telah saya persiapkan. Berikut ini adalah tangkapan layar dari halaman depan materi presentasi saya.

Materi presentasi ini berisi informasi penting yang relevan dengan penerbitan alternatif dan pekerja-kata yang saya wakili. Saya ingin menekankan bahwa isi dari presentasi ini bisa diberikan kepada siapa pun yang membutuhkannya.

Jika ada pembaca yang ingin mendapatkan salinan dalam bentuk PDF dari kertas kerja tersebut, mereka dapat menghubungi saya melalui pesan WhatsApp atau email, dan saya akan dengan senang hati mengirimkannya.

Sebagai kanal berita dan informasi yang fokus pada “di balik buku”, selayak dan sepantasnya topik ini kita sajikan sebagai salah satu gizi menu konten. Khusus untuk Pembaca Bibliopedia.

Ini adalah ringkasan narasi yang Anda berikan mengenai presentasi Anda. Jika Anda ingin menyampaikan lebih banyak detail atau konteks tambahan, silakan berikan informasi lebih lanjut, dan saya akan dengan senang hati membantu Anda merinci lebih lanjut atau memberikan komentar jika diperlukan.

Trend Umum
Dari data tersebut, terlihat bahwa jumlah judul yang diterbitkan pada tahun 2013 adalah 26.628, sedangkan pada tahun 2014 adalah 24.204. Ini menunjukkan adanya penurunan jumlah judul yang diterbitkan dari tahun ke tahun.

Persentase Perubahan terjadi penurunan sekitar 9,10% dalam jumlah judul yang diterbitkan antara tahun 2013 dan 2014.

Perbandingan Tahun
Jumlah judul yang diterbitkan pada tahun 2014 lebih rendah daripada tahun 2013, yang dapat menunjukkan berbagai faktor seperti perubahan dalam permintaan pasar, perubahan strategi penerbitan, atau faktor lainnya yang memengaruhi industri tersebut.

Analisis ini hanya bersifat deskriptif berdasarkan data yang didapat dari toko buku. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tren penerbitan dan faktor-faktor yang memengaruhinya, perlu adanya konteks tambahan seperti data-data tahun-tahun sebelumnya, tren industri, dan faktor-faktor eksternal yang memengaruhi penerbitan.

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa analisis ini didasarkan pada dua titik data saja.

Untuk membuat prediksi atau keputusan yang lebih informasi, kami mengumpulkan data  dari toko buku. TB Gramedia dianggap mewakili.  Pars pro toto.

Namanya juga data. Sebagai dasar pijakan “membaca” trend”.

Dan yang penting, lebih dari sekadar memahami data, adalah: menyikapinya. *)

Share your love
Avatar photo
Biblio Pedia
Articles: 239

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply