Google Scholar | Agar Karya Tulis Anda Banyak Sitasinya

Google Scholar.
Sesuatu yang amat sangat penting bagi dosen yang meniti karier profesional di perguruan tinggi. Semacam tanda, sekaligus penanda, seseorang mencapai ban atau level tertentu.

Jenjang Jabatan Akademik (JJA) misalnya. Dari jenjang paling dasar, Asisten Ahli – Lektor – Lektor Kepala – puncaknya guru besar (profesor) tampak dari seberapa banyak (kuantitas) dan jumlah sitasi/ kutipan /sitasi-nya (kualitas). 

Topik karya tulis kita harus unik, selain mengandung novelty (kebaruan).

https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=KGdAkIwAAAAJ&citation_for_view=KGdAkIwAAAAJ:j3f4tGmQtD8C

Itu sampel saja. Untuk menginspirasi sekaligus memotivasi kita. Bagaimana memilih topik agar karya tulis kita banyak sitasinya?

Selain untuk kenaikan JJA, akreditasi PT dan Prodi, sitasi karya tulis sivitas akademika juga berguna di dalam memberi sumbangan kepada pemeringkatan suatu perguruan tinggi. Lewat Webometrix.

Satu kiat di antaranya adalah: samakan judul karya (tulis) dengan nama mata kuliah. Niscaya akan banyak mahasiswa. dosen, dan akademisi menjadikannya rujukan. Dan disitasi sebagai sumber utama.

Google Scholar saya atas nama institusi : Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) yang berkedudukan di Sekadau, Kalimantan Barat. Uniknya, karya tulis kita melekat pada penulis. Maka ke mana kita bergabung, atau pindah home base, atau bekerja, ke situ pula semua karya (tulis) kita terikutkan secara otomatis. 

Berapa banyak publikasi saya yang masuk jagad Google? Gak usah membilangnya. Yang pasti, data Google Scholar ini mencatat hingga hari ini sejak 2017: disitasi 2029. Makin banyak karya tulis yang masuk Google, semakin besar peluang sitasinya.

Sebagai dosen, telah berapa bilangan karya tulis yang Anda hasilkan? Dari jumlah itu, berapa yang telah masuk jagad penyimpanan digital, lewat Google? Berapa banyak pula karya Anda yang masuk Google, disitasi? Bisakah Anda membuat, atau melihat, karya Anda terindeks Google Scholar seperti ini?

Jika belum maka segeralah! Hari ini, akreditas institusi (perguruan tinggi) dan akreditasi Program Studi, mesti dapat terlacak jejak rekam digitalnya. 

Selain untuk kenaikan JJA, akreditasi PT dan Prodi, sitasi karya tulis sivitas akademika juga berguna di dalam memberi sumbangan kepada pemeringkatan suatu perguruan tinggi. Lewat Webometrix.

Lihat dan cek saja. Perguruan tinggi yang peringkatnya berada pada papan atas, habitus menulis dan publikasinya juga sangat tinggi.

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply