Potensi Wisata Bengkayang | Pesona Air Terjun Berawan (2)

Berawan.
Bisa jadi karena pecikan air terjun yang jatuh dari atas dilihat dari bawah membentuk segumpal awan, maka air terjun alami ini dinamakan demikian.

Air terjun adalah kekayaan objek wisata Kalimantan. Banyaknya bukit yang masih asri, menurunkan sungai nan menawan. Terjun bebas dari atas, sedemikian rupa, sehingga membentuk keindahan alam. 

Wisata Air Terjun Berawan salah satu yang terindah, dan tertinggi di Kabupaten Bengkayang, terbentuk secara alami  akibat tanah longsor sehingga membuat aliran sungai yang membantu menciptakan air terjun.

Air yang mengalir selalu mengikis batu, tetapi beberapa batu lebih tahan dari yang lain. Air terjun terjadi ketika kekuatan geologis menghasilkan perubahan tiba-tiba pada jenis batuan atau kemiringan lereng yang curam di mana aliran sungai mengalir. Dengan pecahnya ketinggian, aliran atau sungai menjadi air terjun

Air terjun Berawan terletak di Dusun Melayan, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat Kota Bengkayang. Riam Barawan mempunyai ketinggian sekitar 75 m dan juga adalah salah 1 riam tertinggi yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Riam –orang setempat menyebutnya- Barawan dapat dijangkau dari Kota Bengkayang dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat selama kurang lebih tiga jam perjalanan. wisata alam dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan tropis Kalimantan yang masih hijau kurang lebih selama 30 menit.

Ketinggian air terjun berawan  75 meter, terletak di Kecamatan Seluas, untuk menempuh air terjun itu dari Ibu Kota Bengkayang bisa memakai roda 2 dan roda 4.

Objek wisata dari kawasan ini adalah air terjun, selain aneka flora dan fauna.


sumber gambar: nn/istimewa

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply