Apa sih arti dari NFT Airdrop, Freemint, Whitelist, Giveaway?

Melanjutkan bahasan mengenai NFT di artikel sebelumnyaNon-fungible tokens (NFTs) telah menggemparkan dunia seni digital dalam sistem desentralisasi ala crypto atau blockchain. NFT adalah aset digital yang unik dan tidak dapat direplikasi, hal inilah menjadikannya berharga, dicari, dan dikoleksi.

Tetapi ada beberapa istilah yang muncul saat menggeluti dunia NFT terutama di media sosial seperti Twitter atau X, Instagram, Facebook, Tiktok atau sejenisnya.

Seperti istilah airdrop, freemint, whitelist, dan giveaway. Penulis jelaskan istilah tersebut satu per satu dan contoh nyata di dalamnya.

Airdrop. Airdrop adalah cara mendistribusikan NFT secara gratis atau tanpa biaya bagi yang ingin memiliki koleksi tersebut yang biasanya dibatasi dalam kurun waktu tertentu.

Airdrop biasanya untuk koleksi NFT tertentu sebagai promosi selama seminggu atau sebulan misalnya, dan tidak tertera harganya di sana, hanya bertuliskan airdrop dan cenderung gratis.

Namun yang perlu diperhatikan, bila ingin mendapatkan airdrop di Ethereum network walaupun berupa airdrop yang cenderung gratis.

Tetapi setiap transaksi di Ethereum memerlukan sejenis biaya admin (biaya network) yang disebut “gas fee“, jadi NFT benar-benar tetap gratis tetapi untuk mendapatkan airdrop tersebut wajib membayar gas fee.

Terkecuali airdropnya di Polygon network atau sejenisnya yang cenderung relatif gratis dari biaya gas fee.

Tetapi setiap NFT yang unik ke depannya akan ada potensi harganya cenderung naik, jadi kesempatan mendapatkan airdrop untuk karya NFT yang dibuat 1 saja atau 1/1 sangat berpotensi menguntungkan sebagai aset di masa depan.

NFT unik yang hanya dibuat 1 saja

Contoh airdrop di link berikut, dengan catatan selama persediaan masih ada.

Airdrop buku digital NFT

Freemint. Freemint adalah cara membuat dan mendistribusikan NFT secara gratis atau tanpa biaya. Namun yang perlu diperhatikan, bila freemint di Ethereum network walaupun berupa freemint dengan nilai jelas seharga 0 Eth yang terpampang di sana.

Tetapi setiap transaksi di Ethereum memerlukan sejenis biaya admin (biaya network atau admin) yang disebut “gas fee“, jadi NFT benar-benar tetap gratis tetapi untuk mendapatkannya wajib membayar gas fee.

Ada yang benar-benar gratis di blockchain tertentu untuk freemint ini, yaitu cenderung di Polygon network atau sejenisnya.

Contoh freemint di Ethereum network di link berikut.

Sedangkan contoh untuk freemint di Polygon network di link berikut.

Freemint di Polygon Network

Yang perlu diperhatikan adalah cari di koleksi NFT tersebut dengan tertera harga 0 Eth atau 0 Matic, dengan catatan selama persedian masih ada.

Whitelist. Whitelist adalah sekumpulan daftar individu atau entitas yang disetujui yang telah diberikan hak istimewa, seperti akses awal bagi para anggota tim proyek (project) tersebut, atau sesi awal jualan NFT bagi beberapa calon pembeli potential, atau penawaran NFT dalam jumlah terbatas.

Hal ini dilakukan dengan menginputkan alamat-alamat dompet crypto ke dalam sistem toko NFT web 3.0 mereka, dengan cara tersebut nama yang masuk di dalam whitelist dapat dengan mudah mendapatkan koleksinya tanpa berebutan, tetapi sesi whitelist ini juga terkadang diberi batasan waktu (durasi) tertentu.

Tertarik untuk mendapatkan whitelist? Follow dan kontak di Twitter ini  atau Instagram berikut agar nama pembaca masuk di whitelist di proyek NFT ke depannya.

Giveaway. Giveaway atau bagi-bagi NFT secara gratis sebagai hadiah untuk syarat-syarat atau sejenis quiz tertentu bagi yang tertarik untuk mengikuti dan bagi pemenang yang beruntung.

Hadiah berupa NFT akan ditransfer secara langsung ke dompet pemilik si pemenang, kelebihannya NFT akan otomatis ada di sana relatif tanpa mengeluarkan biaya apa pun. Giveaway paling banyak dilakukan di Polygon network.

EXRITON

Giveaway sering dilakukan di Twitter, Instagram, Facebook, Tiktok, dan sosial media sejenisnya.

Ingin mendapatkan giveaway NFT? Ikuti akun-akun berikut Twitter, Instagram, Facebook, dan Tiktok. Di saat tertentu akan ada muncul promosi NFT Giveaway.

Demikianlah istilah-istilah yang digunakan di dunia seni digital ala teknologi crypto atau blockchain atau Web 3.0 ini . Selamat mengoleksi NFT dengan semangat dan gembira selalu, potensi untuk mendapatkan penghasilan (income) pasif dengan cara mengoleksi NFT terbuka selalu.

+++

Michael Sega Gumelar

michael.sega.gumelar@gmail.com

michael.sega.gumelar@bibliopedia.id

    Twitter @MSGumelar

    Instagram @bubblegumelar

Share your love
Avatar photo
Michael Sega Gumelar
Articles: 36

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply