Mata Uang Mana yang Memiliki Nilai Lebih Besar dari Dolar AS dan Mengapa?

Melanjutkan artikel sebelumnya di bahasan sentralisasi dan hidup secara otonomi penuh. Membahas mata uang fiat USD. Mata uang fiat US Dollar banyak digunakan sebagai dasar yang kuat sebagai nilai tukar acuan rata-rata (dollar average rate)  untuk berdagang dengan sebagian besar mata uang internasional lainnya.

Mata uang fiat US Dollar (USD) adalah salah satu mata uang yang “dianggap” paling bernilai di dunia. Satu-satunya saingan yang dekat dengan USD adalah mata uang Euro, dalam bursa pasar internasional. Meskipun demikian, setelah mengutarakan hal ini, nilai tukar Euro terhadap dolar telah berfluktuasi (naik turun) terhadap USD dalam beberapa tahun terakhir.

Jika pembaca adalah seorang investor yang melakukan perdagangan secara aktif dan berpartisipasi dalam perdagangan pasar saham saat ini.

Beberapa orang investor ada potensi dan kemungkinan ingin melebarkan sayap ke perdagangan nilai tukar uang asing atau (foreign exchange/Forex) untuk mendiversifikasi portofolio yang dimilikinya.

Namun, apa pun tujuan utama dalam berinvest tentu saja profit di bidang keuangan, hal ini karena sebagai investor yang bersemangat tinggi selalu mencari tantangan versinya sendiri, namun perlu diketahui tentang kekuatan USD, dan mata uang lain yang mungkin lebih kuat, relatif terhadap USD yang disebut cenderung memiliki nilai tukar yang stabil.

USD yang Stabil
Mata uang fiat Dolar AS dianggap di seluruh dunia sebagai mata uang yang paling menawarkan stabilitas.

Banyak yang beranggapan bahwa USD adalah mata uang yang kuat. Digunakan sebagai mata uang cadangan untuk keuangan dan perdagangan internasional, sentimen dan utilitasnya yang tersebar luas membuatnya solid dan mudah untuk dibuat transaski ala perbankan (bankable).

Pasar saham saat ini mungkin merupakan tempat yang bergejolak dinamis (volatil) karena sedang memasuki titik terendah dan memburuk di mana merupakan keputusan buruk untuk menginvestasikan semua kekayaan bagi beberapa orang investor, tetapi bagi yang lain justru merupakan saat yang tepat untuk berinvestasi karena harga saham sedang turun.

Meskipun demikian, USD dianggap sebagai investasi yang aman dan uniknya banyak orang di dunia salah satunya orang Indonesia, India, dan negara-negara berkembang lainnya memiliki kebiasaan menimbun USD dalam jumlah besar, sama seperti kebiasaan menimbun emas batangan.

Mengingat fakta bahwa USD dianggap dapat diandalkan sebagai titik acuan. Namun sebenarnya ada mata uang dari beberapa negara lain yang lebih unggul dari USD. Di mana nilai tukar uang negara tersebut mengungguli nilai tukar USD.

Hal ini secara eksplisit menandakan bahwa satu unit mata uang asing tersebut bernilai lebih dari $1.

Namun uniknya, hanya karena mata uang lain lebih berharga daripada USD, tidak berarti ekonomi negara penghasil mata uang yang lebih kuat dari USD tersebut ekonominya relatif lebih kuat atau lebih besar.

Yang harus dipikirkan adalah nilai tukar tetap atau berubah dikarenakan berbagai faktor, termasuk jumlah uang tunai yang beredar.

“Yang harus dipikirkan adalah nilai tukar tetap atau berubah dikarenakan berbagai faktor, termasuk jumlah uang tunai yang beredar”

Mari lihat nilai tukar (kurs) mata uang selain USD yang melampaui nilai USD per Mei 2022.

1. British Pound Sterling
Great British Pound sterling (GBP) lebih sering disebut Pound tetap bertahan sebagai mata uang fiat yang kuat seperti Bank of England yang menerbitkannya tetap mengetahui perkembangan ekonomi secara global.

Bank of England mengikuti langkah aktif  terhadap perkembangan dan mampu membuat jumlah peredaran uangnya secara ketat terhadap ekonomi internasional, hal ini telah membuat nilai pound selalu lebih tinggi dari USD. Secara data historis, Bank of England secara relatif mampu mempertahankan keadaan ini dan terbukti ampuh dan mampu menekan inflasi sejauh ini.

2. Euro
Pada bulan Mei 2022, 1 Euro tercatat setara dengan nilai  1,07 USD, yang masih berarti bahwa Euro lebih kuat, tetapi hanya sedikit saja, dan menjadi sparing partner ketat terhadap USD.

Euro, dalam jangka panjang, tetap cenderung menguat karena diatur oleh kebijakan Bank Sentral Eropa. Badan ini menetapkan kebijakan untuk seluruh Zona Euro.

Euro di bawah  kendali (sentralisasi) European Central Bank, yang menerbitkan dan mengedarkan uang di seluruh eropa yang bergabung di dalamnya. Oleh karena itu, kendali ini mengawasi peredaran ketat guna mempertahankan kekuatan mata uang fiat Euro secara keseluruhan.

3. Dolar Kepulauan Cayman
Cayman Islands dollar (KYD) dari Kepulauan Cayman ditetapkan dan memasuki pasar pada tahun 1970, dengan 1 KYD = 1,20 USD.

Nilai tukar yang kuat melebihi USD sampai sekarang. Tantangan dalam mempertahankan nilai yang lebih tinggi muncul ketika ekonomi lokal negara tersebut menghadapi penurunan saat pengelola negara (pemerintah) Amerika Serikat menaikkan suku bunga karena inflasi di tahun 2023 ini. Namun, Kepulauan Cayman adalah surga pajak dan ini sangat mendukung mata uangnya tetap membuatnya lebih tinggi dari USD.

Pemerintah Kepulauan Cayman tidak mau menanggung impak kenaikkan bunga dan pajak dari USA menjadi beban ekonomis yang ditanggung negaranya.

Intinya pengelola negara (pemerintah) Kepulauan Cayman lebih cerdas dalam mengantisipasi gejolak kesalahan manajemen USA dalam memberi “beban bunga” dan “pajak” yang tinggi muncul di pemerintah Amerika serikat saat ini.

Beban inflasi dalam mata uang fiat USD ini menjadi beban bagi negara Kepulauan Cayman bila USD lebih besar dari mata uang fiat KYD mereka.  Oleh karena itulah mereka tetap memilih dan mempertahankan mata uang fiat KYD mereka tetap lebih tinggi daripada uang fiat USD agar beban inflasi di USA yang dibawa oleh mata uang fiat USD tidak mengenai mereka. Langkah seperti ini boleh ditiru oleh pemerintah negara berkembang lainnya, akan membuat negara mereka lebih cepat dalam perkembangan perekonomian negara mereka sendiri.

4. Dinar Bahrain
Bahrain Dinar (BHD) mengungguli rial Oman terhadap USD dalam hal nilainya yang tinggi. Sejak 2011, hal ini telah terjadi dan mulai Mei 2022, 1 BHD = 2,65 USD.

Bahkan dengan penurunan harga minyak yang terus berlanjut karena impak alih teknologi ke transisi tenaga listrik (baterai), air (hidrogen), dan solar cell.  Bahrain telah berhasil menjaga peredaran uang fiat-nya secara ketat untuk menghindari inflasi, sehingga cukup stabil dalam mempertahankan mata uangnya agar tetap lebih tinggi dari USD.

Jadi kunci utama mempertahankan nilai mata uang fiat negaranya agar lebih tinggi dari USD adalah dengan mengawasi dan membatasi ketat “peredaran mata uang” yang ada.

5. Dinar Kuwait
KWD (Kuwaiti dinar), 1 KWD = 3.26 USD, dinar Kuwait telah mengungguli  beberapa mata uang fiat negara lainnya.  KWD menjadi salah satu mata uang fiat paling berharga di dunia.

KWD menjadi pesaing kuat di pasar mata uang fiat karena negara Kuwait juga salah satu produsen minyak terbesar di bumi. Tetapi bukan itu saja kuncinya, dengan mengatur peredaran mata uang fiatnya seiring waktu, Otoritas Investasi Kuwait telah mengumpulkan surplus kekayaan dengan “dana kekayaan negara”, menjaga negara tetap makmur dan mampu melalui masa-masa sulit.

Secara gamblang, nilai tukar di negara-negara dengan mata uang fiat biasanya dipengaruhi oleh struktur ekonomi negara itu sendiri.

Meskipun nilai tukar terus berubah karena berbagai faktor eksternal, namun nilai mata uang apa pun bergantung pada konsistensi pemerintah negara tersebut itu sendiri secara ketat agar peredarannya tetap stabil, kuat, dan tidak mencetak uang baru dari tidak ada menjadi ada.

Karena dolar A.S. yang membentuk sebagian besar cadangan mata uang fiat acuan (peg) dunia, US dolar dianggap yang paling bernilai, dalam pengertian cara ini.

Namun impak dari perekonomian Amerika Serikat yang kini terpuruk karena inflasi secara langsung atau tidak langsung memberi beban kepada negara lain.

Oleh karena itu beberapa pengelola negara (pemerintah) dari negara selain USA, mereka secara genius dan sengaja membuat uang fiat negaranya menjadi lebih tinggi dari USD. Hal ini dilakukan agar negara tersebut tidak terkena impak dari kesalahan manajemen keuangan pemerintah USA merambat ke negaranya.

Nah bila diterapkan 1 mata uang fiat suatu negara setara dengan 1 USD apakah memungkinkan? Jawabnya tentu saja mungkin, tetapi apakah pengelola suatu negara (pemerintah) negara tersebut mau melakukannya? Sebab bagi beberapa pengelola negara yang korup, menempatkan nilai tukar mata uang negaranya di bawah nilai mata uang fiat USD merupakan sarana yang tepat untuk memperkaya kelompok “elitnya” sendiri.

Tetapi tahukah pembaca, bahwa ada mata uang yang nilainya bahkan melebihi mata uang fiat USD bahkan melebihi GBP. Ya, mata uang tersebut kebanyakan dalam mata uang digital sistem terdesentralisasi yang ada di blockchain. Mata uang yang disebut dengan nama crypto.

Mari lihat beberapa daftar mata uang digital crypto yang beredar dan nilainya melebihi mata uang fiat terkuat yang ada.

1.Bitcoin (BTC)
Dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto, Satoshi Nakamoto adalah nama samaran atau mungkin bahkan nama sekelompok orang. Bitcoin (BTC) adalah mata uang crypto yang berharga dan dapat diperjualbelikan.

Satu BTC setara sekitar 20.000 USD saat artikel ini ditulis, secara jelas silakan lihat di indek nilai tukar di link BTC berikut.

Seperti kebanyakan cryptocurrency, BTC berjalan dengan sistem blockchain, atau transaksi pencatatan buku besar (public general ledger) yang didistribusikan di jaringan ribuan komputer dan dapat diakses secara publik. Karena penambahan buku besar yang didistribusikan harus diverifikasi dengan memecahkan teka-teki kriptografi, suatu proses yang disebut bukti kerja (Proof-of-Work), Bitcoin tetap aman dan terlindung dari serangan para hacker dan manipulasi.

Pada bulan Mei 2016, seseorang dapat membeli satu Bitcoin dengan harga sekitar $500. Pada 31 Januari 2023, harga satu Bitcoin adalah sekitar $23.108. Hal ini berarti mengalami pertumbuhan sebanyak 4.522% lebih dari 100% .

2. Ethereum (ETH)
Ethereum adalah mata uang cryto favorit bagi kebanyakan pengembang program (application developer) karena aplikasinya yang potensial, seperti memiliki kemampuan untuk membuat kontrak pintar (smart contract) yang secara otomatis dan mudah dieksekusi dan banyak diperjualbelikan NFT yang ada di network blockchain Ethereum.

Hal ini karema Ethereum setiap transaksi berbayar dan terkena sejenis admin fee yang disebut gas fee yang justru batasan ini relatif menghindarkan dari potensi scams dibandingkan dengan network yang cenderung relatif gratis dalam bertransaksi seperti polygon atau sejensinya.

Ethereum juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Dari April 2016 hingga akhir Januari 2023, harganya naik dari sekitar $11 menjadi sekitar $1.584, meningkat 14.301%. Harga Ethereum terkini dapat dicek secara langsung di link berikut.

3. USDT
Tidak seperti beberapa bentuk cryptocurrency lainnya, Tether (USDT) adalah stablecoin, artinya didukung oleh dan mengacu secara ketat pada mata uang fiat seperti dolar AS.

Secara hipotetis tetap mempertahankan nilai yang sama dengan USD. Secara teori, ini berarti nilai Tether seharusnya lebih konsisten daripada mata uang kripto lainnya, dan disukai oleh investor yang waspada terhadap perubahan dinamis (volatilitas) ekstrem mata uang crypto lainnya.

4. Binance Coin (BNB)
Binance Coin (BNB) adalah bentuk mata uang crypto yang diluncurkan pada tahun 2017, Binance Coin telah berkembang lebih dari sekadar memfasilitasi perdagangan di platform pertukaran Binance.

Sekarang BNB, dapat digunakan untuk perdagangan, pemrosesan pembayaran, atau bahkan pemesanan tiket perjalanan.

Harga BNB pada tahun 2017 hanya $0,10. Pada akhir Januari 2023, harganya naik menjadi sekitar $312, naik sebanyak 311.857%. Untuk membuka dompet crypto di BNB di link berikut.

5. Pi Network masih dalam proses mining di masa-masa awal untuk saat ini, tetapi Pi Network memiliki komunitas yang sangat besar di seluruh dunia, walaupun masih dalam tahap mining untuk block pertamanya (genesis block) tetapi potensinya akan memiliki nilai yang tinggi mulai terasa impaknya, satu Pi Network saat ini sudah mulai berkisar antara 50-100 USD walaupun belum secara resmi diluncurkan, nilai Pi Network dapat dilihat secara langsung di link berikut.

Untuk membuka akun dan mulai mining Pi Network secara gratis gunakan referal “bubblegumelar” di link berikut, Pi Network. Selain Pi Network ada beberapa situs penambangan (mining) crypto gratis lainnya seperti Pipeflare, dan Globalhive.

Link-link di atas sebagai contoh untuk mining dan mendapatkan crypto gratis dalam jumlah relatif kecil sebagai pemula dan uang crypto jumlah kecil ini sangat berguna untuk belajar crypto bagi pemula, bukan untuk kaya mendadak ya, tetapi belajar sebagai pemula.

Referensi:

  1. Motilaloswal https://www.motilaloswal.com/blog-details/which-currencies-have-a-greater-value-than-the-us-dollar-and-why/20716
  2. Forbes https://www.forbes.com/advisor/investing/cryptocurrency/top-10-cryptocurrencies/

+++

Michael Sega Gumelar

michael.sega.gumelar@gmail.com

michael.sega.gumelar@bibliopedia.id

    Twitter @MSGumelar

    Instagram @bubblegumelar

Share your love
Avatar photo
Michael Sega Gumelar
Articles: 36

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply