Produksi Media Cetak| Buku Ajar Pertama Saya sebagai Dosen

Ini buku-ajar (text-book) pertama saya, sebagai dosen. Tahun 2005, saya menugaskan diri, dan ditugaskan perusahaan penerbitan kelompok Kompas Gramedia (KKG) mengajar. 

Kawan-kawan (Pamusuk NST, Djony Herfan di Politeknik UI), saya memilih yang dekat kantor saja. Yakni di Universitas yang dibina/dimiliki H. Abdul Gafur, pejabat beken semasa Orde Baru. Tapi yang mengoperasionalkan dan mengurus uiversitas itu, Indonusa Esa Unggul, yaitu Kemala Motik. Lokasi kampusnya di bilangan Jalan Arjuna, Tomang, Jakarta.

Saya mengajar dua mata kuliah: “Teknik Menulis Berita dan Feature “dan “Produksi Media Cetak”.

Masih segar dalam ingatan saya. Semester pertama mengajar, saya menggunakan diktat yang dijilid manual. Namun, sejumlah mahasiswa, sebanyak itu pula yang laku. Saya menitipnnya pada ketua kelas. Dosen tidak diperkenankan jualan langsung!

Dari materi kuliah itu pula, saya kemudian menyusun materi buku. Yaitu gagasan yang utuh tentang suatu topik. 

Saya melakukan apa yang saya tulis. Saya menulis apa yang saya lakukan. Semudah itu proses kreatif menulis buku.

Maka 14 kali pertemuan, saya jabarkan dalam bab bab. Tentu saja, tidak harus 14 bab. Ada bab yang dapat merangkum 2-3 kali pertemuan. Suka-suka kita, sebagai dosen. Yang penting, seluruh materi terangkum di dalam buku-ajar itu!

Di akhir semester. Seorang kepala penerbitan Universitas menemui saya di ruang dosen. Ia mafhum agaknya saya rajin menulis. Waktu itu kami, dosen, diberi insentif khusus. Jika dosen dimuat tulisannya di media nasional, mendapat imbalan khusus. 

Saya menyerahkan naskah mentah, dalam format MS Words. Kemudian, pihak University Press mengurus segala sesuatunya. Dari kontrak sampai dengan segala tetek bengeknya. Diterbitkan oleh  Graha Ilmu. 

Maka jadilah buku ini!

Karena pertama di topiknya, buku ini pun dikutip dan dijadikan acuan di mana-mana. Padahal sebagai penulis, saya merasa biasa-biasa saja. 

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply