Soft-ware Pemenggalan Kata dalam bahasa Indonesia

Soft-ware Pemenggalan Kata dalam bahasa Indonesia. Siapa bisa membuat aplikasinya? Niscaya diperlukan dunia penerbitan/ percetakan. Juga dunia digital untuk membuat dan menyiapkan e-book.

Banyak buku, termasuk produk Penerbit maior, saya camkan dengan saksama amburadul di dalam melakukan tata pemenggalan kata. 

Fenomenon itu, tantangan, sekaligus peluang bagi Anda. Jika menemukannya, segera patenkan. Pasti banyak digunakan penerbit, pengelola web, dan pemilik/ pekerja media.

Dari dulu, saya selalu cek manual Pemenggalan Kata dalam bahasa Indonesia naskah buku, baik digital maupun analognya. 
Kaidah pemenggalan kata:
1) Cari imbuhan. Jika tidak, awalan, akhiran. Baru dipenggal kata berkadasarkan imbuhan itu. Misalnya: kesebelasan. Dipenggal menjadi: 
kesebelas-
an.
2. Cari suku kata. Misalnya kata “mancing”. Dalam sistem otomatis, pemenggalan kata mengikuti kaidah bahasa Inggris. Jika tidak awas, pasti kata itu dipenggal otomatis, menjadi:
manc-
ing.
Ini sangat keliru! Yang betul: 
man-
cing.
3) huruf yang orphan, atau widow, tidak boleh dipenggal, biasanya kata yang terdiri atas 3 huruf. Misalnya, kata “aku”. Jangan sekali-kali dipengal:
a-
ku
Lebih baik, carikan gagasan/ ide dalam satu baris itu, bagaimana akar kata “aku” tidak dipenggal. 
4) Tentu jika buku, naskah rata kiri dan tidak rata kana, soal penggal-memenggal kata ini tidak berlaku. Namun, pekerjaan itu, terlalu mudah. Siapa pun bisa. Nyaris nirharga. Bukankah pekerjaan yang terhormat itu yang menuntut kecermatan, kerapian, kehalusan, yang menunjukkan suatu peradaban? Lagi pula, rata kiri tidak rata kanan itu menyisa kesemrautan, tidakl indah, banyak celah/space kosong!
5) Usahakan nama orang tidak, penulisannya tidak dipenggal. Misalnya: Amir 
A-
Mir
6) Jika kata serapan dari asing, misalnya Inggris dan Latin, kerap terdeteksi. Namun, perhatikan juga kesempurnaan pemenggalannya. Misalnya “internasional”, utamakan lebih dulu term/ pengertian kata. Inter _ nasional, sehingga pemenggalan yang baik dan sempurna adalah:
inter-
nasional

bukan :
interna-
sional.
atau
internasion-
al

 

ilustrasi:
contoh benar pemenggalan kata dalam Bahasa Indonesia.

 

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply