¹Fransiska Elly Renni Susanti, ²Widy Kurniawan
Satu dekade belakangan ini, internet tidak hanya digunakan untuk interaksi pengguna dengan pengguna lain, namun juga digunakan sebagai sarana transaksi antar pelaku usaha dengan pembeli. Saat ini, e-commerce merupakan platform umum yang digunakan untuk berbelanja secara online, hal ini membuat banyaknya pelaku usaha khususnya UMKM menggunakan e-commerce dalam memasarkan barang yang dijual. Penggunaan e-commerce membuat pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas, terlepas dari Batasan geografis yang ada sehingga membuka peluang pasar baru yang sebelumnya tidak dapat dijangkau oleh pelaku UMKM.
Penggunaan platform e-commerce untuk berjualan juga mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh pelaku UMKM. Hal ini karena tidak diperlukannya biaya seperti untuk sewa tempat, utilitas, dan juga tenaga kerja. Selain itu, e-commerce membantu UMKM untuk melakukan branding pada produk yang dijualnya, seperti promosi, mesin pencari (SEO), media sosial, dan sebagainya sehingga UMKM dapat menjangkau konsumen lebih luas.
Kemudahan pembayaran seperti penggunalan e-wallet atau transfer bank juga menjadi faktor plus yang membuat UMKM menggunakan platform e-commerce, bahkan saat ini tersedia fitur paylater yang turut mempermudah proses pembayaran. E-commerce juga menyediakan analisis perilaku pelanggan, tren saat ini, dan kinerja produk sehingga UMKM dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
Referensi:
- S. D. Susanto, “The Impact of E-commerce on Small and Medium-sized Enterprises (SMEs) in Developing Countries: A Case Study of Indonesia,” Journal of Small Business and Enterprise Development, vol. 23, no. 4, pp. 793-814, 2016.
- O. A. Ibrahim and A. M. Dodo, “E-commerce Adoption among Small and Medium Enterprises (SMEs) in Nigeria: Benefits and Challenges,” South African Journal of Economic and Management Sciences, vol. 23, no. 1, pp. 1-11, 2020.
- A. Prasetyo, “The Role of Digital Platforms in the Success of Small and Medium Enterprises: A Case Study of Indonesia,” World Bank, 2019.
R. Wirawan, “E-commerce in Indonesia: A Study of Social and Economic Impacts,” Journal of - Economic Studies, vol. 30, no. 3, pp. 112-128, 2018.
OECD, “Digital Economy: A Pathway for SMEs to Growth,” OECD Digital Economy Outlook 2020, 2020.