About the Author atau Tentang Penulis dalam Sejilid Buku

“About the Author” atau Tentang Penulis dalam sejilid buku.

Tentu Anda kerap melihat. Sekaligus membacanya. Lazimnya, terdapat pada Bagian Preliminary, atau bagian akhir dari buku.

Baca Puisi tidak Membuat Kaya, tapi Menjadikan Tulisan Saya: Kaya

Bagian ini bukan hanya memberikan informasi tentang siapa penulisnya, tetapi juga membangun hubungan antara penulis dan pembaca serta meningkatkan persepsi tentang kredibilitas dan keunikannya.

Gambaran sekilat tentang penulisnya
Dalam sejilid buku, bagian “About the Author” berperan penting dalam memberikan gambaran sekilat tentang siapa penulisnya dan menghubungkan pembaca dengan karya yang mereka baca. Bagian ini menciptakan suatu ikatan antara penulis dan pembaca dengan menghadirkan latar belakang pribadi penulis.

Baca R/E-volusi MENULIS | Dari Bulu Ayam ke Alat Tangkap Suara

Dengan memperkenalkan penulis, pembaca diberikan gambaran tentang siapa yang berada di balik kata-kata dan konsep yang ada di dalam buku. Informasi mengenai latar belakang, pendidikan, dan pengalaman penulis berperan dalam membentuk citra kredibilitas.

Apakah penulis berperan memiliki keahlian khusus, penghargaan tertentu, atau pengalaman yang mendukung penulisan buku tersebut?

Memberi konteks personal
Lebih dari sekadar data biografis, bagian “About the Author” juga berperan dalam memberikan konteks personal. Pembaca dapat mengetahui motivasi atau inspirasi apa yang berperan mendorong penulis untuk menulis karya tersebut.

Hal ini tidak hanya berperan menambah kedalaman terhadap pemahaman pembaca terhadap buku, tetapi juga berperan menciptakan ikatan emosional yang lebih dalam.

Baca AI dan AGI Menggantikan Kecerdasan Manusia?

Selain itu, bagian ini berperan dalam membangun kepercayaan pembaca. Ketika pembaca mengetahui lebih banyak tentang penulis, mereka cenderung merasa lebih yakin terhadap isi buku dan dapat membentuk pandangan yang lebih positif terhadap karya tersebut.

Bagian “About the Author” juga berperan sebagai alat pemasaran pribadi. Jika pembaca menemukan karya penulis yang satu menyentuh hati, mereka mungkin tertarik untuk mencari buku lainnya atau mengikuti perkembangan penulis melalui situs web atau media sosial.

Dengan demikian, “About the Author” bukan hanya sekadar informasi biografi, melainkan sebuah narasi pendek yang berperan dalam membangun hubungan antara penulis dan pembaca, berperan dalam menciptakan rasa kepercayaan, dan memberikan konteks personal yang memperkaya pengalaman membaca.

Suka suka gue
Inilah, sebagaimana dalam ilustrasi, foto-diri pengarang novel Flamboyan Kembali Berbunga (Nusa Indah, Ende, Flores, 1987).

Baca Cogito, ergo sum

Tentang pengarang/ penulisnya. Sudah tentu, suka-suak gue. Ada pengarang/ penulisnya yang ingin tetap itu itu saja foto-dirinya untuk semua buku. Namun, ada pula yang ganti ganti foto-diri setiap buku.

Tentang hal itu, tidak ada ketentuan!

Share your love
Avatar photo
Masri Sareb Putra
Articles: 711

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply