NFT? Apaan tuh? NFT 1.0 dan NFT 2.0, Apaan sih?

Koleksi Digital yang Tidak dapat dipertukarkan (KDT) atau token digital yang tidak dapat dipertukarkan (Non-fungible tokens/ NFTs) telah menggemparkan dunia desentralisasi uang crypto, dan mendapat banyak sorotan beberapa tahun terakhir. NFT adalah aset digital yang unik dan tidak dapat direplikasi, hal inilah menjadikannya berharga, dicari, dan dikoleksi.

Membuat NFT menjadi ajang ideal dan menjual seni digital menjadi lebih memungkinkan saat ini, menjadi barang koleksi digital, dan barang digital apa pun yang unik. Pada artikel ini, akan dieksplorasi apa itu NFT, sejarahnya, manfaat berinvestasi di NFT, dan masa depan seni NFT.

Penulis juga membahas mengapa seniman (artis) membuat NFT, pro dan kontra berinvestasi di NFT, dan berbagai jenis NFT. Terakhir, di sini penulis menjelaskan manfaat NFT dan bagaimana pembaca suatu saat dapat terlibat dalam dunia seni digital NFT ini.

Apa itu NFT?

Salvador Dali NFT Meme

Koleksi Digital yang Tidak dapat dipertukarkan (KDT) atau Non-fungible tokens (NFT). NFT merupakan token (aset/benda digital apa pun) yang tidak dapat dipertukarkan.

Dalam hal ini NFT adalah segala jenis aset digital yang unik dan tidak dapat dipertukarkan. NFT disimpan di jaringan blockchain, yang merupakan buku besar (general public ledger) yang aman dan terdistribusi.

Kelebihannya sekaligus kekurangannya saat ini adalah NFT menjadi berharga hanya di Web 3.0 atau blockchain, karena relatif memudahkan untuk pelacakan (tracing/tracking) siapa saja yang mengedarkan dan menjualnya atau sekadar menampilkannya saja.

Karena relatif mudah dilacak di Web 3.0 inilah seseorang seniman (artis) dapat melacak siapa saja pengguna karyanya, memudahkan melacak hak cipta sekaligus authorship-nya (royalti).

Tetapi sekali lagi hanya berguna di Web3 untuk saat ini, belum dapat untuk melacak di Web 1.0 dan web 2.0 namun tentu saja teknologi terus maju, yang lama secara perlahan akan ditinggal secara lambat atau cepat, perkembangan teknologi mutlak impaknya selalu begitu.

Karena kelebihan inilah banyak seniman (artis) digital mulai beralih ke NFT. NFT sering digunakan untuk membuat seni digital, barang koleksi, dan barang digital unik lainnya yang dapat dibeli dan dijual di blockchain.

 

Shanty NFT

 

NFT biasanya dikaitkan dengan blockchain Ethereum, tetapi NFT juga dapat digunakan pada blockchain lain seperti Ethereum, Polygon, Binance, dan Crypto.com, atau lainnya. Pastikan selalu menggunakan mode VPN yang dapat di-on-kan di Opera web browser atau dapat menginstall VPN terpisah, terserah pembaca mau memilih yang mana. Karena beberapa website sangat protektif terhadap potensi serangan hacker oleh karena itu VPN menjadi salah satu proteksi utama mereka.

NFT berbeda dari aset digital lainnya karena tidak dapat dipertukarkan dengan aset digital yang sama. Contohnya adalah crypto 1 Ethereum dapat ditukarkan setara dengan 1 Ethereum lainnya.

Tetapi satu panel NFT External Instant Evolution webcomics tidak dapat ditukarkan dengan dengan panel lainnya karena ada potensi panel lainnya berbeda harganya.

Terkecuali kedua panel tersebut memiliki nilai yang setara, tetapi juga hal tersebut menjadi relatif, sebab dengan naik turunnya biaya admin yang disebut dengan nama “gas fee” selalu berubah sesuai dengan nilai indeks jual beli saat ini di Ethereum network, sebab di Ethereum network semua aktifitas cenderung membayar biaya admin (gas fee).

Di sinilah kekuatan NFT di Web 3.0 Setiap NFT unik dan tidak dapat ditiru, menjadikannya berharga, dicari, dikoleksi sebagai aset pada umumnya seperti properti, emas, dan barang berharga lainnya.

Tetapi satu NFT dapat diperbanyak saat pertama kali dibuat (mint) oleh pembuatnya, misalnya 1 karya seni menjadi 1000 edisi (oplah/jumlah), hal ini memungkinkan bila suatu karya seni NFT tersebut dibuat untuk suatu komunitas tertentu seperti komunitas pembaca majalah An1mage.

Intinya NFT membuka potensi ekonomi baru dan dapat digunakan untuk membuat seni digital, barang koleksi, dan barang digital unik lainnya. Ini membuatnya ideal untuk seniman digital, kolektor, dan lainnya yang ingin membuat aset digital yang bernilai dan unik.

Sejarah NFT

NFT sudah ada beberapa tahun lalu, tetapi baru-baru ini mendapat banyak perhatian karena mendadak menjadi salah satu potensi menghasilkan uang dan unik.

NFT pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 oleh blockchain Ethereum terutama oleh Opensea dan sejak itu telah digunakan banyak seniman digital (artis digital) untuk membuat dan menjual seni digital, komik, ebook, barang koleksi, dan barang digital unik lainnya.

Sejak saat itu, banyak blockchain lain mulai menawarkan NFT, termasuk Ethereum, Polygon, Binance, dan Crypto.com. Airdrops atau istilahnya NFT yang sedang berpromosi biasanya bernilai 0 atau disebut juga dengan nama freemint atau NFT yang relatif relatif gratis di blockchain Ethereum. Namun perlu diperhatikan semua transaksi di Ethereum wajaib membayar biaya admin (gas fee) untuk mendapatkanya.

NFT telah menjadi populer karena kemampuannya untuk menyimpan aset digital dengan aman, serta fakta bahwa NFT tidak dapat dipertukarkan dan tidak dapat direplikasi dan mudah dilacak setelahnya. Ini membuatnya ideal untuk membuat dan menjual seni digital, barang koleksi, dan barang digital unik lainnya.

Manfaat berinvestasi di NFT

Salah satu manfaat utama berinvestasi di NFT adalah bahwa NFT adalah satu-satunya dan tidak dapat ditiru dan jumlahnya cenderung jumlahnya relatif dapat dikendalikan selama di Web 3.0 hal ini berbeda dengan di Web 1.0 dan Web 2.0 di mana karya setelah beredar akan sulit untuk dilacak.

NFT dengan kemampuan di Web 3.0 seperti ini yang  menjadikannya ideal untuk seniman dan kolektor digital yang ingin membuat dan menjual barang digital unik.

NFT juga memberi investor cara yang aman untuk menyimpan aset digital mereka, karena disimpan di jaringan blockchain. NFT dapat berupa aset atau benda digital apa pun mulai dari karya seni berupa data audio, visual, dan game, intinya data digital apa pun.

NFT juga semakin populer karena kemampuannya untuk diperdagangkan dengan cepat dan mudah. NFT dapat dibeli dan dijual di jaringan blockchain seperti Ethereum, Polygon, Binance, Crypto.com, dan lainnya.

NFT juga menjadi lebih mudah diakses, karena semakin banyak platform yang menawarkan dukungan untuk NFT. Artinya, investor dapat lebih mudah mengakses pasar NFT dan memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan NFT.

Apa itu NFT 2.0?

Maddie Ziegler NFT Meme

NFT 2.0 adalah langkah selanjutnya dalam evolusi NFT. NFT 2.0 dibangun di atas blockchain Ethereum atau lainnya dan dirancang untuk menyediakan lebih banyak fitur dan fleksibilitas daripada NFT versi sebelumnya. NFT 2.0 akan memungkinkan pengguna merancang, membeli, dan menjual aset digital dengan lebih banyak fitur dan fleksibilitas.

NFT 2.0 juga akan memungkinkan pengguna untuk membuat dan memiliki aset digital yang bukan hanya karya seni atau barang koleksi, tetapi juga dapat digunakan untuk mewakili barang fisik yang sebenarnya.

Artinya, pengguna akan dapat membuat aset digital yang mewakili barang fisik, seperti mobil, real estate, atau barang lainnya. Ini akan membuka potensi NFT untuk digunakan dalam berbagai aplikasi.

NFT 2.0 tidak sepenuhnya berbeda dari NFT 1.0. Selain itu, versi 2.0 tidak dapat beroperasi secara independen dari 1.0. Iterasi berikutnya ini pada akhirnya akan berhasil dengan menyematkan kemampuan baru ke dalam infrastruktur NFT 1.0.

Selanjutnya, sementara NFT 1.0 memungkinkan kepemilikan aset digital asli yang belum fleksibel, NFT 2.0 akan menciptakan lebih banyak kemungkinan dengan mengembangkan pasar baru dengan potensi kemampuan untuk penggunaan tingkat lebih tinggi.

Masa Depan Seni NFT

New Human Species NFT Art

Potensi penggunaan NFT untuk seni digital sangat menarik dan tidak terbatas. Dengan NFT, seniman digital dapat membuat dan menjual aset digital unik yang berharga dan dikoleksi sebagai potensi aset yang berharga. Seniman dapat membuat karya seni digital yang unik dan tidak dapat ditiru, sehingga bernilai dan dicari.

Potensi seni NFT semakin menarik dengan diperkenalkannya NFT 2.0. Dengan NFT 2.0, seniman digital dapat membuat dan memiliki aset digital yang merepresentasikan barang fisik, seperti mobil, real estate, atau barang lainnya.

Ini membuka potensi seniman digital untuk membuat dan menjual aset digital yang mewakili barang fisik, serta seni digital dan barang koleksi.

Cara Memulai Mengoleksi NFT

External Instant Evolution NFT Polygon 

Jika tertarik untuk memulai NFT, langkah pertama adalah membuat dompet crypo digital (crypto wallet) dan kemudian membuat akun di jaringan blockchain seperti Opensea yang mendukung NFT, seperti Ethereum, Polygon, Binance, dan Crypto.com, atau lainnya.

Setelah memiliki akun, dapat membeli dan memperdagangkan NFT di jaringan blockchain. Dan tentu juga dapat membuat NFT sendiri dan menawarkannya untuk dijual. Jika tertarik membuat NFT sendiri, yang harus dipastikan bahwa NFT itu unik dan tidak dapat ditiru.

Jaringan Polygon adalah alat yang efektif untuk mengoleksi dan membuat NFT cenderung relatif gratis tanpa membayar biaya gas apa pun tetapi hati-jati di saat lagi ramai dan beban jaringannya berat, biasanya akan muncul gas fee yang relatif kecil, pastikan hal ini menjadi pertimbangan untuk diteruskan atau ditolak.

Dengan memasukka n karya di blockchain akan meudahkan melacak hak cipta dan authorship (royalti) hal ini memudahkan seorang seniman untuk mengklaim siapa yang pertama kali publikasi karyanya di internet.

Pro dan Kontra Berinvestasi di NFT

NFT Buku Dongeng dalam Bahasa Inggris

Berinvestasi dalam NFT memiliki pro dan kontra. Beberapa keuntungan berinvestasi di NFT termasuk kemampuan untuk membuat dan memiliki aset digital unik, yang dapat dilacak di blockchain. Ini termasuk potensi untuk membuat aset digital yang mewakili barang fisik, dan potensi perdagangan NFT yang cepat dan mudah.

Namun, ada beberapa kelemahan untuk berinvestasi di NFT. NFT adalah sistem desentralisasi yang berarti tidak diatur oleh pemerintah atau lembaga keuangan mana pun, yang berarti ada risiko penipuan (scams/frauds) dan pencurian ada di tangan sendiri jadi diperlukan kehati-hatian apakah benar pemilik karya tersebut adalah orang atau seniman yang dimaksud atau hanya orang yang mengaku sebagai orang tersebut (impersonator).

Hal ini dapat dengan mudah dilakukan pastikan sebelum membeli NFT selalu mengontak terlebih dulu apakah benar memang orang tersebut dengan cek dulu semua akun milik orang tersebut, tidak harus seorang seniman akunnya verified oleh media sosial tersebut, tetapi kalau memilih untuk tidak mengontak pastikan sudah yakin benar setelah meneliti sendiri (do you own research/DYOR) tentang karya dan senimannya dan setelah yakin, silakan membeli NFT tersebut.

 

Teliti sebelum membeli

Potensi NFT yang ke depannya akan cenderung meningkat harganya adalah dari seniman (artis) yang memang sudah dikenal lama dan kiprahnya dapat dilacak di internet di tahun-tahun sebelumnya.

Tetapi bila seniman baru, pastikan saat membeli karya NFT benar-benar sesuai  dengan style atau nilai seni yang disukai secara pribadi, tidak untuk potensi nilai ke depannya yang berharga tinggi tetapi benar-benar suka dengan karya tersebut, hal itulah yang menjadikannya berharga paling tidak untuk koleksi diri sendiri.

Selain itu, NFT masih merupakan teknologi yang relatif baru, sehingga pemahaman tentang cara kerjanya dan cara penggunaannya masih kurang.

Memahami Berbagai Jenis NFT

Ada beberapa jenis NFT, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jenis NFT yang paling umum adalah NFT berbasis Ethereum, yang digunakan untuk membuat dan menjual seni digital, kemudian ada  webkomik, komik, ebook, audio, video, animasi, movie, barang koleksi, dan barang digital unik lainnya.

Koleksi Tokoh Dayak

Setiap jenis NFT memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, NFT berbasis Ethereum adalah yang paling populer dan digunakan untuk membuat dan menjual seni digital dan koleksi.

Namun, NFT berbasis NEO dan NFT berbasis EOS cenderung untuk game, game Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) dan menawarkan lebih banyak fitur daripada NFT berbasis Ethereum. NFT berbasis TRON juga semakin populer karena biayanya yang rendah dan waktu transaksi yang cepat.

Apa Manfaat NFT?

NFT menawarkan sejumlah manfaat bagi pembeli dan penjual. Bagi pembeli, NFT menyediakan cara untuk membeli aset digital unik yang berharga dan tidak dapat ditiru. NFT juga memberi pembeli cara yang aman untuk menyimpan aset digital mereka, karena disimpan di jaringan blockchain dan dapat dilacak untuk hak cipta.

Bagi penjual, NFT menawarkan cara untuk membuat dan menjual aset digital yang unik dan berharga. NFT juga memberi penjual cara yang aman untuk menyimpan aset digital mereka, karena disimpan di jaringan blockchain.

Selain itu, NFT memberi penjual potensi untuk mendapat untung dari aset digital mereka ke depannya, karena mereka dapat dibeli dan dijual dengan cepat dan mudah di jaringan blockchain.

Kesimpulan

Token (benda digital) yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) adalah aset digital yang unik dan tidak dapat direplikasi, menjadikannya berharga dan dicari. N

FT ideal untuk membuat dan menjual seni digital, barang koleksi, dan barang digital unik lainnya. Dalam postingan blog ini, kami menjelajahi apa itu NFT, sejarahnya, manfaat berinvestasi di NFT, dan masa depan seni NFT.

Kami juga membahas cara memulai NFT, pro dan kontra berinvestasi di NFT, dan berbagai jenis NFT. Terakhir, kami melihat apa manfaat NFT dan bagaimana Anda dapat terlibat dalam ruang NFT.

Kini, dengan NFT 2.0, potensi untuk membuat dan menjual seni digital, barang koleksi, dan barang digital unik lainnya menjadi lebih menarik.

Dengan NFT 2.0, pengguna dapat membuat dan memiliki aset digital yang bukan hanya karya seni atau barang koleksi, tetapi juga dapat digunakan untuk merepresentasikan barang fisik yang sebenarnya. Ini membuka potensi NFT untuk digunakan dalam berbagai aplikasi.

Jadi, jika ingin terlibat dalam ruang NFT, sekaranglah saatnya menjelajahi potensi kekuatan dan keuntungan NFT 2.0 dan masa depan seni NFT!

Are you ready to dive into the exciting world of NFTs, but don’t know where to start? Look no further! Our new book, “NFTs for Beginners” is the perfect guide for anyone looking to understand and create their own Non-Fungible Tokens. Written by experts in the field, this comprehensive guide covers everything from the basics of blockchain technology to creating and selling your own NFTs. Whether you’re a complete novice or have some experience, “NFTs for Beginners” has something for everyone. Don’t miss out on this opportunity to become an NFT pro. Get your free copy today!

ISBN: 978-1-387-15431-9

+++++++

michael.sega.gumelar@gmail.com

michael.sega.gumelar@bibliopedia.id

    Twitter @MSGumelar

    Instagram @bubblegumelar

 

Share your love
Avatar photo
Michael Sega Gumelar
Articles: 38

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply